Anime Hyouka Rayakan 10 Tahun Penayangannya dengan Sejumlah Pagelaran

Pop Kultur 23 Apr 2022

Anime Hyouka merayakan 10 tahun sejak penayangan perdananya pada 2012 lalu. Adaptasi dari novel karya Honobu Yonezawa dan dikerjakan oleh Kyoto Animation ini mengudara dari tanggal 23 April hingga 17 September 2012 lalu.

Banyak pagelaran bakal berlangsung dalam rangka menyambut satu dasawarsa anime misteri ini, termasuk lotre, museum eksibisi yang akan berlangsung Mei mendatang, hingga penayangan ulang anime ini di stasuin ABEMA TV. Logo perayaan 10 tahun ini juga dirilis, juga ilustrasi khusus sebagaimana yang dikutip dari Comic Natalie melalui Anime Corner.

Logo perayaan 10 tahun anime Hyouka (Sumber: Comic Natalie)
Ilustrasi khusus perayaan 10 tahun anime Hyouka (Sumber: Comic Natalie)

Anime ini disutradarai oleh Yasuhiro Takemoto, yang juga menyutradarai Miss Kobayashi's Dragon Maid dan Amagi Brilliant Park sebelum menjadi salah satu korban pembakaran studio KyoAni pada 2019 lalu.

Empat sekawan klub sastra klasik SMA Kamiyama diisi oleh Satomi Sato sebagai Eru Chitanda, Daisuke Sakaguchi sebagai Satoshi Fukube, Ai Kayano sebagai Mayaka Ibara, dan Yuichi Nakamura sebagai Hotaro Oreki.

Hyouka adalah bagian dari seri novel Kotenbu garapan Honobu Yonezawa, yang rilis perdana pada 2001 lalu. Seri Kotenbu juga telah terbit di Indonesia melalui Penerbit Haru.

Seri Kotenbu berkisah seputar Oreki si penghemat energi yang "terpaksa" untuk bergabung dalam klub sastra klasik atas permintaan kakaknya. Bersama dengan Chitanda, Satoshi, dan Ibara, mereka mencoba menguak misteri yang terjadi di sekitar mereka, termasuk hubungan antara Chitanda, SMA Kamiyama, dan masa lalu pamannya yang menghilang.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.