Foto: RM Sotheby's

Ferrari 458 Modifan ini Adalah Test Mule-nya LaFerrari, dan Segera Dilelang, Kok Bisa?

Otomotif 1 Apr 2022

Ferrari LaFerrari, bersama dengan McLaren P1 dan Porsche 918 Spyder menjadi pembuktian bahwa teknologi hybrid bukan hanya sekedar "mainan eksklusif" untuk Toyota Prius dkk demi melestarikan lingkungan, namun juga teknologi yang membawa performa supercar ke tingkat baru. Ketiganya pun dijuluki sebagai "The Holy Trinity of Hypercars".

Nah, baru-baru ini muncul sebuah "LaFerrari" yang masuk rumah lelang, tapi dalam bodi Ferrari 458 Italia. Lho? LaFerrari dengan bodi 458? Kok bisa?

Test Mule LaFerrari dengan Bodi 458 Italia

Foto: RM Sotheby's

Ya, 458 Italia yang kalian lihat itu memang sebuah LaFerrari, lebih tepatnya adalah prototipe test-mule yang digunakan Ferrari untuk pengembangan hypercar hybrid pertama mereka.

Ferrari menamai proyek ini dengan kode internal "F150". Seperti yang ditulis sebelumnya, mobil ini dibangun dari basis 458 Italia untuk keperluan tes dari Mei 2011 sampai Desember 2012 sebagai fase pertama dari 3 fase pengembangan LaFerrari.

Sebagai test mule, 458 Italia ini dimodifikasi berat pada sasinya agar 6.3-liter V12 F140FB dari Ferrai FF bisa terpasang, lengkap dengan baterai dan motor listrik. Beberapa panel bodi dipotong untuk menciptakan palka yang dapat digunakan insinyur untuk mengakses komponen tertentu seperti motor listrik. Bahkan test mule ini dilengkapi dengan panel bodi bolt-on yang bisa dipasang pada mobil untuk mengelabui fotograger paparazzi saat pengetesan.

Cerita sama juga ada di interior. Dipenuhi dengan stiker instruksi berbahasa Jerman sebagai peringatan agar tidak menggeser bangku penumpang karena tabung pemadam kebakaran tepat di belakangnya. Ada stiker di setir yang memperingatkan untuk digunakan pada beban penuh karena catalytic converter yang terpasang.

Kok Bisa Dilelang?

Foto: RM Sotheby's

Sebenarnya sebuah mobil prototipe yang muncul secara dilelang bukanlah hal yang biasa, karena pabrikan akan selalu menyimpan mobil prototipe untuk keperluan pengujian lebih lanjut, atau dihancurkan ketika sudah tidak digunakan lagi.

Namun tidak bagi Ferrari. Menurut rumah lelang RM Sotheby's, Ferrari menjual prototipe ini kepada seorang pembeli privat pada tahun 2016 silam, dengan perjanjian bahwa mobil tersebut tidak boleh digunakan di jalan raya maupun di sirkuit publik, namun setidaknya sistem hybrid bisa dijalankan dan boleh digunakan di lahan privat.

Rumah lelang RM Sotheby's akan menggelar lelang untuk prototipe LaFerrari ini di Monaco pada 14 Mei 2022 mendatang. Karena mobil ini sudah terdaftar dalam Ferrari Classiche, pemenang lelang juga akan mendapatkan "buku kuning" untuk menjamin keasliannya.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)