ยฉ 2022 Tachibana Koushi, Tsunako / KADOKAWA / "DATE โ€‹โ€‹A LIVE IV" Production Committee

[First Impression] Date A Live IV

Pop Kultur 10 Apr 2022
Hai, MedForians

Sudah lama saya tidak menulis rubik "First Impression" ini, sekarang saatnya balik lagi! Kali ini adalah salah satu anime yang saya tunggu-tunggu sejak pengumumannya, Date A Live IV.

FYI, saya sebagai penulis sendiri memiliki 'soft spot' dengan novel ringan yang ditulis oleh Tachibana Koushi ini, apalagi musim pertama Date A Live merupakan salah satu anime yang pertama kali saya tonton sejak penuh ketika masih awal di 'dunia perwibuan', sehingga merupakan serial yang saya nonton ketiga musimnya termasuk adaptasi movie-nya.

Kali ini, penantian Date A Live IV lumayan lama, sejak pertama kali diumumkan pada tahun 2019 serta berbagai penundaan selama masa produksi hingga akhirnya tayang pada musim semi 2022. Bagaimana impresi saya, salah satu #MedForSquad sekaligus penggemar Date A Live menanggapi adaptasi musim keempat ini?

First Impression

ยฉ 2022 Tachibana Koushi, Tsunako / KADOKAWA / "DATE โ€‹โ€‹A LIVE IV" Production Committee

Bicara soal adaptasi Date A Live, mungkin saya teringat kembali ketika musim ketiga - Date A Live III pertama kali tayang pada tahun 2019, dimana saya memiliki perasaan campur aduk bukan hanya karena animasinya yang "rada-rada", namun juga alur ceritanya. Kita akan bicarakan satu-persatu sambil membandingkannya dengan musim keempat ini.

Dari pembukaannya sendiri, Date A Live IV sepertinya langsung straight to the point - tidak ada rangkuman singkat dan langsung melanjutkan cerita dari musim ketiga. Saya atau kalian yang sudah menonton sejak musim pertama tentu saja tidak ada masalah, tapi mungkin membingungkan bagi penonton baru kecuali setidaknya sudah menonton musim ketiga.

ยฉ 2022 Tachibana Koushi, Tsunako / KADOKAWA / "DATE โ€‹โ€‹A LIVE IV" Production Committee

Speaking straight to the point, bagaimana pembawaan cerita serta pacing? Mungkin inilah salah satu yang dicibir dari musim ketiga Date A Live dengan pacing yang terlalu cepat dan seolah memaksa. Bayangkan, bagaimana bisa memuat satu volume dalam satu episode saja seperti episode terakhir dari musim ketiga Date A Live yang begitu disasterous?

Nah, bagaimana dengan musim keempat ini? Belum tahu bagaimana nantinya tapi kita sudah memiliki 'petunjuk' dari pembukanya dengan Nia dan Mukuro dalam inverse mode, jadi asumsikan bahwa musim keempat akan merangkum dari Nia Creation sampai Mukuro Family. Dilihat dari itu saya rasa itu tidak terlalu 'sesak' untuk diadaptasikan dalam 12-13 episode.

Selanjutnya - animasi, another concern dari adaptasi anime Date A Live. Tentu kalian tahu bahwa setiap musim Date A Live dikerjakan oleh studio yang berbeda - AIC+, Production IMS, dan J.C Staff. Kali ini, giliran Geek Toys yang bertanggung jawab atas produksi animasinya.

How does it compare? Here, speaks for yourself.

Secara overall saya masih lebih menyukai animasi dari musim pertama, tapi animasi versi Geek Toys terasa lebih refreshing dan lebih 'mengalir' daripada musim sebelumnya yang terasa blending satu sama lain, terutama pewarnaannya. Saya suka dengan 'pendekataan' ala Geek Toys ini meskipun adaptasi dari Date A Bullet sempat dipertanyakan kualitasnya.

Oh iya, saya tidak akan berbicara mengenai jalan cerita dari Date A Live IV secara eksplisit, tapi setidaknya kali ini akan berfokus pada Honjou Nia, Hoshimiya Mukuro, dan Inverse Tohka alias Yatogami Tenka.

My Verdict So Far...

ยฉ 2022 Tachibana Koushi, Tsunako / KADOKAWA / "DATE โ€‹โ€‹A LIVE IV" Production Committee

Secara keseluruhan, bagaimana impresi pertama saya terhadap Date A Live IV sekaligus penggemar dari franchise ini? Well, sejauh ini saya berharap adaptasi anime ini dapat berjalan dengan baik, terutama kualitas produksi kedepannya.

Sejauh ini, Geek Toys telah memperlihatkan hasil yang impresif, seolah seperti sebuah penebusan dari Date A Bullet yang sedikit membawa 'tanda tanya' dalam soal kualitas animasi. Satu lagi, semoga adaptasi anime ini tidak mengulangi kesalahan sama dalam pacing ceritanya yang ngebut tidak beraturan seperti yang terjadi pada musim ketiga, let's hope so.

Nah, #MedForians bisa menonton adaptasi anime Date A Live IV melalui situs Bilibili.tv setiap hari Jumat pukul 21.00 WIB.

ยฉ 2022 Tachibana Koushi, Tsunako / KADOKAWA / "DATE โ€‹โ€‹A LIVE IV" Production Committee

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (เน‘>โ—ก<เน‘)