[FOKUS] Strategi yang Perlu Kamu Ketahui agar Selamat dari Genjutsu Mamang Konter HP!

Teknologi 21 Apr 2022

Narasi Pembukaan

Lebaran sebentar lagi, dan kamu bersiap untuk membeli HP baru setelah HP yang kamu miliki saat ini sudah tidak mampu lagi untuk bertahan dengan berbagai pertimbangan. Baterai bocor, retakan dimana-mana, penyimpanan hampir penuh. Dan kamu ingin tetap relevan dengan teman-teman di jejaring sosial kamu dengan bermain gim yang hype.

Kamu sudah mengumpulkan banyak uang hasil tabungan dan kamu bersiap untuk membeli HP di konter yang banyak direkomendasikan, atau mungkin yang dekat dengan tempat kamu tinggal. Setibanya di sana, kamu pun bingung untuk mencari kandidat HP idamanmu, atau mungkin kamu mencari incaran yang sudah lama kamu idamkan, namun sulit untuk ditemukan di etalase yang terisi penuh dengan kotak-kotak HP.

Lalu kamu bertanya ke mamang-mamang konter, "Mang, HP yang bagus buat main Genshin yang mana?". Kata-kata tersebut terlintas begitu saja dari lisanmu. Dan kemudian mamang tersebut memberi saran yang mungkin membuatmu tergoda. "Ini aja mas, baterainya badak, main ML bisa 5 jam nonstop, kameranya 3 biji, penyimpanannya juga lega."

Tanpa sadar kamu dalam kondisi tergoda, terlebih harga yang ditawarkan cukup menggiurkan. Jika kamu tertarik, HP tersebut akan ada di tanganmu, dan uang yang terkumpul cukup banyak itu masih dapat kembalian yang cukup untuk sekadar ongkos pulang. Namun, itu akan jadi saat di mana kamu bakal menyesali semuanya.

Benar, kamu sudah terjebak dalam genjutsu yang dimiliki mamang konter HP! Apa yang harus kamu lakukan jika berada dalam kondisi tersebut?

Sebagaimana salah satu #MedForSquad pernah berkata, "Milih HP tolong mindsetnya diubah seperti rabi istri. Kalau sudah dirabi dan tahu kekurangannya, ndak usah dibuang, ganti baru apalagi dihujat". Dan sebelum kamu menyesali semuanya, berikut penulis berikan strategi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi genjutsu yang cukup kuat ini.

Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Lawan

Sudah jadi rahasia umum bahwa ada beberapa merk yang sering ditawarkan mamang-mamang konter, dan yang sering ditawarkan biasanya HP dari kelas entry level. Kamu harus mengetahui sisi baik dan buruk dari HP yang biasanya ditawarkan tersebut. Kamu bisa bertanya melalui forum di jejaring sosial atau pada teman-teman kamu dalam mencari rekomendasi.

Kumpulkan berbagai data seperti spesifikasi teknis, fitur yang ditawarkan, hingga harga yang dipatok. Anggaplah bahwa rekomendasi dari mamang-mamang konter bukanlah rekomendasi terbaik jika dilihat dari sisi manapun.

Pilih Senjata yang Bisa Kamu Gunakan

HP yang kamu incar sudah seharusnya lebih baik daripada yang ditawarkan mereka dari berbagai sisi, karena yang akan menggunakan HP tersebut adalah kamu sebagai konsumen, dan bukan mereka. Cari rekomendasi HP terbaik sesuai dengan budget yang kamu miliki saat ini.

Siapkan Mental dan Strategi Terbaik

Kamu harus tahu alasan yang bisa kamu gunakan dalam mencari HP dan mengatasi tawaran-tawaran menjebak. Kamu bisa gunakan alasan seperti: HP dengan chipset kencang, baterai badag, penyimpanan lega, hingga layar yang kinclong. Jangan lupakan aspek-aspek yang mungkin terkesan remeh, namun sangat penting seperti: pembaca sidik jari, jumlah slot SIM, adanya slot memori eksternal, dan tipe konektor USB yang digunakan.

Tetap Waspada dan Gunakan Counter Attack

Saat kamu tiba di konter HP dan kamu sudah menanyakan HP yang kamu incar, lalu mamang-mamang konter bertanya, "kenapa bukan yang ini aja, mas?", itu adalah pintu jebakan! Gunakan alasan-alasan terbaik yang kamu punya, seperti: "Oh, saya maunya yang ini karena teman saya yang rekomen", atau "Oh, ayah saya maunya yang ini aja mang". Atau bahkan kamu paparkan spesifikasi yang memang kamu incar.

Nah, saat mereka berkata "ini aja mas mending, soalnya..." kamu harus pandai ngeles, cari alasan yang bisa diterima. Atau kamu bisa cukup bilang: "maaf mang, tapi saya memang maunya yang ini". Katakan dengan penuh keyakinan, supaya mamang-mamang konter bisa masuk dalam counter attack yang kamu punya.

Penutup

Setelah kamu dapatkan HP yang kamu incar, selamat! Selamat karena kamu sudah terbebas dari genjutsu berbahaya tersebut. Namun, jika kamu belum bisa mendapatkannya dengan berbagai alasan, lebih baik mundur dan mencari konter yang lebih baik, atau kamu bisa beli secara daring.

Itu saja strategi yang penulis paparkan soal cara kamu menghindari genjutsu mamang-mamang konter. Kamu berhak dapatkan HP terbaik sesuai kemampuanmu, dan bukannya penyesalan seumur hidup.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.