Ini Dia Toyota GR Corolla, "GR Yaris" untuk Amerika

Otomotif 2 Apr 2022

Toyota GR Yaris merupakan salah satu mobil paling desirable bagi para antusias. Hot hatch AWD dengan 'darah' homologasi untuk World Rally Championship (WRC) menjadikannya treasure item bagi penggemar, namun tidak untuk pasar Amerika Utara karena Toyota tidak menjual GR Yaris disana.

Sebagai penggantinya, Toyota melahirkan GR Corolla denga semua spesifikasi teknikal dari GR Yaris.

Lihat saja penampilan agresifnya, GR Corolla mendapatkan sqare grille yang sama seperti GR Yaris, fender flare arches yang mencolok, dan triple exhaust yang lain dari yang lain. Tidak hanya tampang, GR Corolla juga mendapatkan kap mesin dan pintu aluminium, serta atap serat karbon sehingga lebih ringan 85kg daripada Corolla Hatchback.

Beda dengan GR Yaris yang mendapatkan desain bodi bespoke 3 pintu, GR Corolla tetap mempertahankan basis dari Corolla Hatchback 5 pintu.

Dari Interiornya, GR Corolla mendapatkan instrumen digital 12.3 inci dan sistem audio Toyota Audio Multimedia system 8 inci. Mengesampingkan tampilan, GR Corolla dilengkapi dengan jok sport berbahan kain yang menampilkan jahitan kontras abu-abu serta emblem GR di sandaran kepala. Pengemudi juga akan menemukan setir sport berbalut kulit dan pedal aluminium.

Dapur Pacu GR Yaris

Sebagaimana diposisikan sebagai 'GR Yaris' untuk pasar Amerika, GR Corolla tentu mendapatkan jeroan spesifikasi yang sama dengan GR Yaris.

Tentu saja mesin tiga silinder 1.6 liter turbocharged dengan nama kode G16E-GTS yang menghasilkan tenaga 300 hp (224 kW / 304 PS) dan torsi 273 lb-ft (370 Nm) yang mengesankan, figur itu bahkan lebih bertenaga daripada GR Yaris.

Tenaga tersalurkan melalui transmisi manual enam-percepatan dan sistem penggerak GR-Four layaknya GR Yaris, artinya sistem dapat disesuaikan dan menawarkan pembagian tenaga depan/belakang 60:40, 50:50, dan 30:70. Ini berarti mobil bisa menjadi bias depan, netral, atau bias belakang.

Dimana Diproduksi dan Kapan Dijual?

Berbeda dengan Corolla Corolla yang diproduksi di Mississippi, AS, GR Corolla diproduksi di Motomachi Plant, Jepang, pabrik sama yang juga memproduksi Toyota Supra JZA80, Toyota GR Yaris, dan mahakarya Lexus LFA.

Belum ada pengumuman harga, namun pengiriman akan mulai dilakukan pada akhir tahun 2022 mendatang.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)