LEGO Perkenalkan Replika Mobil F1 McLaren Versi Real-Size

Otomotif 7 Apr 2022

Bicara soal LEGO, tentu tidak hanya sebagai balok mainan yang bisa disusun menjadi berbagai macam bentuk untuk anak-anak, namun juga dapat disusun menjadi sebuah 'seni' replika dari sebuah benda. Hubungkan dengan dunia otomotif maka kolerasinya akan semakin terasa.

Tidak heran LEGO pun sadar dengan hal ini dan merilis edisi khusus dibawah nama "Lego Technic" dengan replika dari berbagai mobil berlisensi resmi yang dijual dalam jumlah terbatas. Nah, bagaimana jika replika berskala masih dirasa kurang dan lebih prefer ke life-size?

LEGO bisa melakukan hal tersebut, bahkan pada sebuah mobil Formula 1 sekalipun. Bagaimana bisa?

Replika Life-Size McLaren MCL36 dari 288.315 Balok LEGO

LEGO sebenarnya telah meluncurkan koleksi replika mobil balap Formula 1 pertama bertajuk Lego Technic McLaren Formula 1, hasil dari kolaborasi antara LEGO dan McLaren Racing pada akhir Maret silam. Namun, LEGO ternyata menyiapkan 'kejutan' tersendiri.

Menjelang Australian Grand Prix yang akan diadakan pada akhir pekan ini. LEGO kembali berkolaborasi dengan McLaren Racing untuk menghadirkan replika life-size dari mobil Formula 1 McLaren MCL36. Layaknya replika life-size pada umumnya, mobil ini bisa dimasuki oleh sang pembalap -Daniel Ricciardo.

Replika life-size McLarean MCL36 ini dibangun oleh tim yang dipimpin oleh LEGO Master - Ryan ‘Brickman’ McNaught. Replika ini dibangun dari 288.315 Balok LEGO dan membutuhkan 1893 jam atau sekitar 78 hari untuk membangunnya. Sebagai replika life-size tentu saja dilengkapi berbagai fitur mekanikal, seperti mesin dengan piston yang bisa digerakkan, locking differential, bahkan setir yang bisa dipasang pada kokpit.

Replika life-size ini akan dipamerkan di Versor Tech Hub dekat Albert Park tempat Australian Grand Prix digelar. Tentu saja replika ini adalah one-off yang tidak dijual, namun kalian masih bisa membeli versi berskala dari LEGO Technic McLaren F1 yang sudah dijual akhir Maret ini. Kalian bisa memesannya disini.

Bukan yang Pertama Kalinya

Perlu diketahui bahwa bukan pertama kalinya bagi LEGO membangun replika life-size dari sebuah mobil asli.

Contohnya versi replika life-size dari Bugatti Chiron yang diperkenalkan pada tahun 2018 silam, lalu McLaren Senna yang dibuatkan replikanya pada tahun 2019, atau Lamborghini Sian FKP 37 dan Toyota GR Supra sama-sama pada tahun 2021 silam.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)