Honda HR-V 2023 spek Amerika Utara yang berbeda dengan HR-V spek Global (American Honda)

[MBPI] HR-V Baru Diluncurkan di Amerika Utara, Tapi...

Otomotif 5 Apr 2022

Berselang 2 minggu setelah peluncuran HR-V baru di pasar Indonesia, HR-V baru pun akhirnya menyapa warga Amerika Utara. Tapi, dibandingkan dengan HR-V di pasar Indonesia atau di pasar Asia dan Eropa, HR-V baru di pasar Amerika Utara ini tampil dengan desain yang jauh berbeda ketimbang HR-V generasi sebelumnya, bahkan dengan HR-V yang dijual di pasar Asia (termasuk Indonesia) dan Eropa.

Ya, khusus di pasar Amerika Utara dan Eropa (dengan nama yang berbeda), HR-V baru ini dibangun dari basis Honda Civic, yang artinya akan menjadi rival utama bagi SUV crossover berbasis sedan milik Toyota, Corolla Cross. Dengan pengunaan basis dari Civic, maka wheelbase dari HR-V khusus Amerika Utara ini lebih panjang 120mm daripada generasi sebelumnya.

Desainnya sendiri memang jelas berbeda daripada HR-V yang dijual di Asia dan Eropa, dengan body layaknya SUV Crossover normal, gagang pintu belakang layaknya SUV kebanyakan serta desain siluet yang mirip dengan SUV kebanyakan. Dan apa yang menarik dari desainnya? yup, desain fascia depannya yang sangat Amerika sekali dengan bentuk grill dan bumper yang mempertegas kesan gagah.

Mesin nya pun ada sedikit perbedaan, dimana versi non-turbo dari HR-V ini menggunakan mesin 2.000 cc turunan dari Civic, alih-alih menggunakan mesin 1.500 cc turunan City atau BR-V sekalipun. Sementara untuk mesin turbonya masih sama dengan HR-V yang dipasarkan di Indonesia, yakni dengan mesin 1.500 cc turbo.

Khusus untuk di pasar Eropa, HR-V spek Amerika Utara ini akan hadir dengan nama yang berbeda agar tidak "bentrok" dengan HR-V yang dijual sekarang dan mesin e:HEV Honda yang kemungkinan mirip dengan HR-V RS spek Thailand. Selain itu, belum ada detail interior dan detail fitur lainnya dari HR-V spek Amerika Utara ini.

Meskipun begitu, HR-V yang berbasis Civic ini akan diluncurkan di Amerika Utara pada musim panas ini, atau dalam beberapa bulan kedepan. Jadi, apakah kalian suka HR-V spek global (Asia dan Eropa) atau HR-V spek Amerika Utara ini?

Tag

Ilham Purnama Sadik

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.