Rumor: Microsoft Mulai Pengembangan Program Iklan di Xbox

Gaming 16 Apr 2022

Siapa yang tidak suka dengan kata 'gratisan'? Hal tersebut juga berlaku di dunia industri video game dengan kehadiran berbagai game free-to-play. Karena dunia industri video game selalu identik dengan industri dengan budget besar, terkadang bisa mendapatkan game tanpa mengeluarkan uang sepersen pun rasanya too good to be true.

Memang benar, kalian bisa memainkannya dengan gratis, tapi jangan berharap pengalaman seperti game berbayar. Karena tidak menagih 'dimuka', developer memiliki cara lain untuk meraup pendapatan dari game free-to-play, salah satunya adalah penggunaan iklan dalam game itu sendiri.

Lalu apa hubungannya dengan Xbox? Karena Microsoft ingin implementasikan iklan dalam ekosistemnya. Kenapa?

Demi Membangun Jaringan Periklanan Xbox

Sebagaimana yang dilaporkan dari Bussiness Insider, dikutip dari Kotaku, Sebuah laporan baru mengklaim bahwa Microsoft sedang membangun program periklanan untuk memberi "merek tertentu" kemampuan untuk membeli iklan yang kemudian akan muncul di game Xbox  free-to-play.

Menurut sumber, iklan Xbox dapat muncul dalam berbagai cara tergantung konteks permainannya, seperti papan iklan yang dirender secara digital dalam game balap atau petualangan open world. Namun, saat ini tidak diketahui seperti apa bentuk lain dari iklan yang dapat diputar secara gratis ini, atau apakah iklan tersebut akan menyertakan video atau audio.

Menariknya, Microsoft dilaporkan tidak berniat untuk menagih pendapatan iklan dan lebih tertarik untuk membangun jaringan periklanan Xbox, karena dikatakan mencoba mengidentifikasi perusahaan dan agensi iklan mana yang akan bekerja sama. Sebagai gantinya, pendapatan dari iklan akan dibagi antara pengembang game dan perusahaan iklan masing-masing.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya akan keberadaan iklan di video game. THQ pernah menjajal periklanan ini melalui game Saint's Row 2. Seiring game free-to-play semakin berkembang dan demografis pengguna yang semakin berubah, tidak mengherankan melihat perusahaan yang ingin memasang iklan di video game.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)