[Dari IIMS 2022] Mobil Baru Apa Saja di IIMS 2022?

Otomotif 9 Apr 2022

Gelaran Indonesia International Motor Show 2022 akan berakhir pada 10 April besok, dan sejak awal acara ini dimulai, banyak hal-hal baru terjadi disana, termasuk hadirnya beberapa mobil baru. Di artikel ini, kami merangkum mobil-mobil baru yang meluncur di gelaran ini.

Morris Garage

Kita mulai dari jenama mobil blasteran Tiongkok-Inggris, Morris Garage atau MG. Di IIMS 2022, MG masih menghadirkan line-up mobil mereka layaknya di GIIAS 2021 kemarin, yakni MG5 series (MG5 GT dan MG5 Wagon EV), HS, dan ZS.

Tapi, di IIMS 2022, MG akhirnya secara resmi mengumumkan harga MG5 GT yang dibanderol mulai 339,9 Juta Rupiah (OTR Jakarta) sampai 399,9 Juta Rupiah. Bahkan, setelah harganya resmi diumumkan, mobil ini juga yang paling banyak dipesan saat gelaran IIMS 2022!

Selain pengumuman harga MG5 GT, MG juga menghadirkan edisi spesial dari MG HS, yakni MG HS Midnight Edition yang hadir dengan eksterior serba hitam dan dijual terbatas, hanya 100 unit saja.

Suzuki

Beralih ke Suzuki, mereka menghadirkan edisi terbatas dari salah satu line-up terbaik mereka, XL7 Finest Form Edition. Serupa dengan Ertiga Suzuki Sport Finest Form Edition, XL7 FF hadir dalam warna putih dengan atap berwarna hitam, warna fender dengan finishing metalik dan aksen merah di beberapa bagian di mobil ini seperti di bumper depan, spion, list body samping dan jahitan jok.

XL7 Finest Form saat diluncuran di IIMS 2022 (Suzuki Indonesia)

Selain itu, Suzuki menambahkan Digital Signal Processor (DSP) lima channel dan subwoofer soundstream 10 inch plus box ke dalam interior XL7 FF ini. Dijual sebanyak 150 unit saja, XL7 FF dijual seharga 294,2 juta Rupiah hingga 305,2 juta Rupiah.

Chery

Setelah sempat hiatus sejak 2011, Chery akhirnya melakukan comeback di gelaran IIMS 2022 dengan menghadirkan beberapa lini terbaru mereka. Sebut saja Tiggo 7 Pro, Skytour, OMODA 5, EQ-1 dan lain sebagainya.

Bahkan dalam waktu dekat ini, Chery juga akan mengikuti langkah Wuling di Indonesia dengan membuat pabrik perakitan kendaraan di Indonesia, bahkan menjadikan pusat pengembangan untuk produk mobil berstir kanan. Walaupun di tahun ini, mereka mulai memasarkan produknya dengan status CKD di pabrik PT Handal Indonesia Motor yang sebelumnya merakit produk Hyundai sebelum pindah ke HMMI.

Hyundai

Speaking of Hyundai and HMMI, Hyundai resmi memperkenalkan Hyundai IONIQ 5, yang merupakan mobil listrik murni pertama Hyundai yang diproduksi di HMMI. Dan kami juga sempat membahasnya secara lengkap di artikel terpisah.

Selain IONIQ 5, Hyundai juga memajang beberapa lini andalan mereka seperti Creta yang menjadi pesaing terkuat dari HR-V SE nya Honda, Staria, dan berbagai lini andalan lainnya.

Mazda

Beralih ke salah satu jenama mobil premium Jepang, Mazda meluncurkan CX-5 Facelift di awal April kemarin. Di CX-5 facelift ini, ada dua varian yang dijual oleh Mazda, yakni Elite dan Kuro Edition.

Mengutip Otodriver, Mazda CX-5 Kuro Edition tampil lebih sporty berkat penggunaan pelek full hitam dan grill yang lebih gahar, selain itu fender juga menggunakan warna glossy. Sementara tipe Elite yang menggantikan tipe GT pada model sebelumnya, tampak lebih elegan dengan pelek dual tone dan fender polos.

Selain perubahan di eksterior, fitur-fitur lain pun turut diimprovisasi seperti i-ActiveSense yang tak kalah dari pesaingnya, interior dengan nuansa sporti dan lain sebagainya. Mazda membanderol Rp 597,7 juta untuk versi Elite (On The Road Jakarta) dan Rp 607,7 juta untuk Kuro Edition.

DFSK dan Wuling

Tak kalah dari jenama senegaranya yang baru saja comeback, DFSK dan Wuling pun juga memamerkan sesuatu yang baru di IIMS 2022 ini.

Dimulai dari DFSK yang memamerkan Seres SF5 yang merupakan produk kolaborasi Seres (sub brand nya DFSK) dengan Huawei sebelum mereka membentuk sub brand baru bernama Aito. Dengan High Performance Dual Electric Motor SEP200AC bertenaga 255 kW di depan dan HW150 bertenaga 150 kW di belakang plus baterai Lithium-ion 35 kWh, ia sanggup berakselerasi dari 0-100 kpj dalam 4.7 detik.

Pengisian daya dari Seres SF 5 ini mengandalkan fast charging yang bisa mengisi baterai dari 20% ke 80 % dalam waktu satu jam, atau memanfaatkan ntelegent Extended Range Technology berupa mesin motor pembakaran internal yang berfungsi sebagai generator pengisi daya baterai saat dayanya sudah di angka 20%. Maka tak heran jika mobil ini bisa berjelajah hingga 1.000 km.

Bagaimana dengan Wuling? Selain memamerkan Cortez Improvement yang diluncurkan sebelum gelaran IIMS, Wuling juga menghadirkan sketsa awal dari project GSEV mereka yang akan hadir di tahun ini. GSEV ini merupakan proyek mobil listrik mungil Wuling yang nantinya akan menjadi suksesor dari produk small EV mereka seperti Mini EV yang sempat viral beberapa waktu silam.

Lainnya

Selain jenama-jenama diatas, ada Honda yang memamerkan beberapa produk unggulan mereka, termasuk HR-V baru yang diluncurkan sebelum gelaran IIMS 2022 serta konsep SUV RS mereka yang sama seperti yang dipajang di GIIAS 2021 kemarin. Lalu Toyota yang menghadirkan konsep Innova EV di hari pertama IIMS, BMW yang menghadirkan varian terbaru dari seri 3 yakni 320i sport dan berbagai jenama lain yang juga menampilkan lini terbaik mereka.

Lalu, jenama manakah yang menarik perhatian MedForians selama IIMS 2022?

Tag

Ilham Purnama Sadik

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.