Apple Resmi Pensiunkan iPod Touch, Suntik Mati Lini iPod Setelah 21 Tahun

Teknologi 11 Mei 2022

iPod merupakan salah satu produk Apple yang kemunculannya bukan hanya mencetak sejarah, namun juga mengubah cara orang menikmati musik, dan menjadi nukleus atau inti dari munculnya iPhone beberapa waktu kemudian.

Kemampuan iPod dalam memutar musik dan memuat berbagai lagu dalam form factor kecil cukup menakjubkan, terlebih ditandem dengan toko iTunes, yang membentuk model distribusi baru dalam blantika musik.

Kini, setelah hampir 21 tahun sejak diperkenalkan Steve Jobs pada Oktober 2001, iPod harus mengalah pada keadaan di mana saat ini tren layanan streaming musik semakin digandrungi.

Bersamaan dengan pensiunnya iPod Touch sebagaimana yang diumumkan Apple melalui situs resminya, maka seluruh lini dari iPod berakhir mulai saat ini juga. Dalam pos tersebut juga, iPod Touch hanya akan tersedia "selama persediaan masih ada".

iPod Touch Jadi Penutup

iPod Touch jadi generasi paling akhir dari jajaran iPod yang pernah dirilis hingga sekarang. Menurut perusahaan yang berbasis di Cupertino ini, pengguna kini menikmati musik melalui iPhone, Apple Watch, Apple TV, hingga HomePod mini.

iPod Touch terakhir yang disetop eksistensinya saat ini adalah iPod Touch generasi ketujuh. Perangkat ini diluncurkan Apple pada tahun 2019 dengan chip Fusion A10, yaitu chip yang sama dengan iPhone 7. iPod Touch generasi ketujuh itu tampil dengan layar 4 inci dan hadir dalam kelir warna-warni. Sayangnya alat pemutar musik ini mencapai masa akhirnya saat ini.

Semangat iPod Masih Tetap Hidup

Meskipun era iPod berakhir, namun menurut Senior VP of Worldwide Marketing Apple, Greg Joswiak berkata bahwa "semangat iPod" masih hidup dalam jajaran produk Apple.

"Semangat iPod tetap hidup. Kami telah mengintegrasikan pengalaman musik yang luar biasa melalui semua produk kami, mulai dari iPhone, Apple Watch, HomePod mini, Mac, iPad hingga Apple TV," kata Joswiak sebagaimana dikutip dari situs resmi Apple via KompasTekno.

"Selain itu, Apple Music menghadirkan kualitas suara yang andal di industri dengan dukungan audio spasial - tidak ada cara yang lebih baik untuk menikmati, menemukan dan menikmati musik," lanjut Joswiak.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.