Cadillac Escalade-V, Ini Dia Versi Kencang dari SUV Sultan Paman Sam

Otomotif 12 Mei 2022

Jika kalian sering menghabiskan masa kecil dengan bermain Need For Speed: Underground 2, maka Cadillac akan selalu dikenang sebagai SUV 'bling-bling' di dunia tuner-scene di universe Underground 2 bareng Hummer H2 dan Lincoln Navigator.

Bagi orang Amerika sendiri, Cadillac Escalade sudah seperti bagaimana kita sebagai orang Indonesia melihat Toyota Alphard, yaitu sebuah mobil yang bukanya sebagai transportasi, namun juga 'status simbol' dimana seseorang belum dianggap sebagai 'orang kaya' kalau belum memilikinya.

Apalagi pasar otomotif Amerika Serikat yang gila dengan pick-up truck dan SUV, serta Escalade sendiri yang merupakan versi mewah dari Chevrolet Tahoe/Suburban menjadikannya sangat populer di kalangan orang kaya Amerika.

Disamping elemen 'bling-bling' yang begitu melekat, Cadillac Escalade tidak pernah jor-joran soal performa meskipun memiliki pilihan 6.2-liter V8 yang 'sangat Amerika sekali' (tersedia pilihan 3.0 enam-silinder turbodiesel juga).

Solusi tersebut akhirnya dihadirkan oleh Cadillac dengan meluncurkan Escalade-V, tidak lain dan tidak bukan adalah varian terkencang sekaligus 'Caddy' termahal.

'Jantung' Beringas dari CT-5 Blackwing (dan Camaro ZL1)

Bagi Cadillac, logo "V" merupakan penanda varian terkencang sekaligus terbuas dalam line-up Caddy, dan Escalade-V bukanlah pengecualian.

Pertama adalah mesinnya, yaitu 6.2-liter supercharged V8 berkode LT4, mesin yang sama digunakan pada Cadillan CT5-V Blackwing dan Chevrolet Camaro ZL1, dengan beberapa ubahan ekslusif untuk Escalade-V.

LT4 versi Escalade-V mendapatkan supercharger yang lebih besar dengan kapasitas 2.65-liter dengan boost hingga 10 psi, intake valve titanium, forged aluminium piston, serta forged steel crankshaft. Hasilnya adalah tenaga 682hp dan torsi 885nm yang disalurkan via transmisi 10-percepatan.

Tentu tidak cukup kalau hanya sekedar mengganti mesinnya saja, Escalade-V juga mendapatkan electronic rear limited-slip differential, serta sistem all-wheel drive yang dikalibrasi ulang agar dapat mengalirkan tenaga hingga 67% ke roda belakang saat dibutuhkan, seperti saat launching.

Figur performanya? Dengan bobot mencapai 2.8 ton (2.9 ton untuk varian ESV) sekalipun, Escalade-V mampu berakselerasi 0-96km/jam dalam waktu 4.4 detik, dan 1/4 mil dalam waktu 12.74 detik.

Luxury and Technology Combination

Foto: Cadillac

Dengan performa buasnya, pada hakikatnya Escalade tetaplah sebuah SUV buat para 'sultan' Amerika, dengan membawa kemewahan yang 'hakiki' ala Amerika.

Escalade-V mengadopsi interior dari Escalade Platinum dengan pilihan aksen warna hitam atau kayu zebra, laburan jok kulit untuk semua ketiga baris jok serta fitur massaging seats pada baris depan.

Bicara soal teknologi, lihat saja pada interior Escalade: Layar lengkung OLED dengan ukuran total hingga 38-inci meliputi layar 16.9-inci infotainment dan layar instrumen 14.2-inci dengan heads-up display, augemented reality navigation, night vision dan masih banyak lagi.

Varian, Harga, dan Pengiriman

Escalade-V akan tersedia dalam dua pilihan: standar dan ESV dengan harga mulai dari $151.685 (Rp 2,2 Milyar) serta pengirimannya akan dimulai pada musim panas tahun ini. Cadillac mengatakan bahwa Escalade-V akan diproduksi secara terbatas walaupun belum diketahui seberapa banyak unit yang akan diproduksi.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)