[Kuliah Desain Edisi Syawal] Cara Agar Kaligrafi Kamu Terlihat Seperti Dilukis di After Effects!

Kreasi 4 Mei 2022

Hai, MedForians! Akhirnya rubrik #KuliahDesain kembali lagi setelah terakhir dibuat pada saat puasa atau mungkin sebelumnya barangkali 🤔 Yang terpenting adalah saya bakal membagikan cara-cara bagaimana kaligrafi yang kamu buat bisa terlihat seperti ditulis, atau dilukis, atau diukir.

Seperti ini, loh yang saya maksud.

Kamu dapat membuatnya melalui Adobe After Effects, dan untuk versinya saya gunakan versi CC 2019. Kamu juga dapat mengikuti tata cara di bawah ini pada versi Adobe yang lebih baru.

Pertama - siapkan kaligrafinya terlebih dahulu. Saya menulis kaligrafinya dengan gaya khat tsuluts menggunakan font "A Thuluth", langsung di comp utama After Effects.

Untuk ukuran comp yang saya gunakan adalah resolusi 3840 x 2160, dengan frame rate 60 fps. Kamu juga bisa menyiapkan lebih dulu kaligrafi yang kamu buat lewat Adobe Illustrator.

Bentuk kaligrafinya di comp transparan

Kedua - saya pisahkan beberapa patah kata dalam satu pre-comp, yang selanjutnya saya beri mask berupa garis untuk tracking dari efek yang akan kita gunakan nanti. Mulai dari huruf yang paling kanan dulu agar efeknya dapat berjalan dari kanan terlebih dahulu sebagaimana menulis huruf Arab.

Dipisah dulu patah demi patah

Alasan saya pisahkan terlebih dahulu agar tidak terjadi tabrakan antara satu patah kata dengan patah kata lainnya sehingga menghasilkan gerakan yang bagus untuk dilihat.

Menambah masking pada kata

Ketiga - tambahkan efek berupa Stroke, dengan mengklik pada pre-comp, lalu Effect > Generate > Stroke. Kamu bisa menarik efek melalui tray efek.

Pilih efeknya.

Keempat - atur efek Stroke sebagai berikut. Paint Style atur di Reveal Original Image, ukuran brush disesuaikan, saya buat di ukuran 40, hardness juga kamu atur, saya buat di 100%.

Kelima - kamu tinggal atur keyframe di bagian End. Hal ini bertujuan agar kaligrafinya dapat bergerak dari kanan ke kiri. Kamu bisa mengatur durasinya mau cepat atau lambat.

Pengaturan yang saya buat di timeline.

Terakhir - ini opsional, kamu dapat menambahkan efek suara seperti saat kamu menulis di atas kertas. Kamu juga bisa meramaikan comp yang kamu buat dengan ornamen-ornamen yang kamu sukai, biar terkesan tidak polos.

Kamu juga dapat mengganti warna dari kaligrafi yang kamu buat, menambahkan layer solid sebagai latar belakang, dan lainnya sesukamu. Terus kalau kamu yakin sudah selesai dan terlihat oke, tinggal render saja.

Penutup - kamu juga bisa menerapkan efek Stroke ini untuk kaligrafi dalam berbagai aksara, mau itu latin, kanji, hangul, maupun aksara lokal Indonesia. Selamat berkarya!

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.