[MBPI] BMW M4 CSL, Keturunan Terbaru dari Silsilah Track-Focused CSL

Otomotif 20 Mei 2022

M - atau sebutan dari "Motorsport", bagi BMW it's mean bussiness, yaitu varian performa tinggi dari model reguler pabrikan asal Bavaria tersebut. Namun bagi para penggemar, ada satu nama lagi yang begitu 'sakral' bagi BMW, yaitu CSL atau Coupe Sport Leichtbau (Leichtbau artinya Lightweight).

Saking spesialnya, varian ini hanya dua digunakan pada dua model, 3.0 CSL dan M3 CSL E46. Sekarang, BMW merilis mobil CSL ketiga dengan kehadiran M4 CSL, sekaligus perayaaan ulang tahun ke-50 BMW M.

M4 with Crash Diet

Sesuai kepanjangannya, menu utama dalam varian CSL adalah pemangkasan bobot menyeluruh, dan peningkatan performa dari varian M4 standar.

Mengambil basis M4 Competition, M4 CSL mendapatkan menu 'diet' ekstensif dengan memberikan material serat karbon untuk kap mesin, atap, dan pintu bagasi. Ditambah dengan forged wheels, rem karbon keramik, serta per dan damper yang lebih ringan.

Tidak hanya eksterior, menu diet juga diberikan di interior dengan mencopot jok belakang dan diganti dengan jok serat karbon di depan, karpet, dan peredam suara yang dikurangi. Hasilnya, M4 CSL lebih ringat hingga 240 pounds (109 kg) dibandingkan M4 Competition.

Power and Chassis Changes

Menu lain dari CSL adalah peningkatan performa. Mesin 3.0-liter enam-silinder twin-turbo S58 dari M4 Competition mendapatkan ubahan pada boost yang lebih tinggi menjadi 30.5 psi, hasilnya adalah tenaga 543hp dan torsi 650Nm, meningkat 40hp dari M4 Competition namun torsi tetap sama.

Tidak hanya mesin, namun M4 CSL juga mendapatkan ubahan pada sasis dan kaki-kaki untuk mendukung peningkatan performa. Pertama, ground clearance dikurangi 7mm dari M4 Competition, suspensi bertipe zero-play ball joints di control arm, serta rem karbon keramik dengan kaliper enam piston di depan dan kaliper floating piston tunggal di belakang.

Tidak lupa pula ban khusus Michelin Pilot Sport Cup 2 R dengan ukuran 275/35 ZR19 di depan dan 285/30 ZR20 di belakang yang lebih cocok untuk penggunaan di sirkuit. Namun BMW memberikan pilihan ban standar dari M4 Competition yang lebih cocok untuk jalan raya.

Hanya Tersedia 1.000 Unit

Sebagai varian tertinggi dari BMW M, M4 CSL hanya dibatasi produksinya hingga 1.000 unit di seluruh dunia, danya tiga opsi warna yaitu Brooklyn Grey Metallic, Alpine White, atau Black Sapphire Metallic.

Produksinya baru akan dimulai bulan Juli 2022 mendatang, sementara harga resminya akan diumumkan di kemudian hari.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)