Menjadi Free-to-Play, PUBG Catatkan Keuntungan Lebih Besar

Gaming 16 Mei 2022

Rasanya tidak perlu dipertanyakan lagi tentang PUBG. Ya, bisa dibilang game inilah yang mempelopori kepopuleran dari genre battle royale yang telah banyak digandrungi gamers sejak perilisannya pada 2017 lalu.

PUBG sendiri sebelumnya rilis sebagai game berbayar saat awal rilis pada tahun 2017 lalu, namun Krafton mengubah PUBG menjadi free-to-play, dan hasilnya adalah peningkatan keuntungan.

Peningkatan Keuntungan Mencapai 61%

Baru-baru ini Krafton, perusahaan induk dari PUBG merilis laporan data penjualan terbaru untuk PUBG. Hasilnya adalah penjualan PUBG di platform PC meningkat 61% dari tahun ke tahun menjadi $82,3 juta atau sekitar 1 triliun rupiah.

Peningkatan tersebut dikontribusikan oleh sejumlah besar pemain yang kembali memainkan PUBG semenjak menjadi free-to-play sejak Januari 2022, dengan jumlah pemain rata-rata yang meningkat tiga kali lipat dibandingkan dengan kuartal keempat 2021.

Sementara untuk keuntungan dari setiap kuartal dan setiap tahun, Krafton meraih peningkatan keuntungan sebesar 17,8% dan 13,5% untuk Quarter-on-Quarter dan Year-on-Year.

Memang tidak dapat dipungkiri genre free-to-play memiliki atensi yang besar di mata para gamer, apalagi kepopuleran dari PUBG mobile telah membuktikan hal tersebut, dengan keuntungan lebih dari 30% dari kuartal sebelumnya dan 5% dari tahun sebelumnya, dengan keuntungan sebesar $300 juta atau sekitar 4 triliun rupiah.

Makanya keputusan Krafton untuk mengubah PUBG menjadi free-to-play menjadi keputusan yang tepat untuk menarik atensi para gamer lebih banyak lagi.

PUBG: Battlegrounds tersedia di PC, Playstation 4, Playstation 5, Xbox One, Xbox Series X/S dan Mobile (dalam bentuk PUBG Mobile).

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)