Resmi, Audi dan Porsche Konfirmasi Terjun ke Kompetisi Formula 1 pada Tahun 2026

3 Mei 2022

Dengan semakin meningkatnya popularitas dari kompetisi kelas tertinggi dari balap jet darat - Formula 1 sepertinya telah memantik 'ketertarikan' dari beberapa tim untuk berkecimpung dalam kompetisi tersebut.

Setelah sebelumnya menjadi rumor, akhirnya Volkswagen Group resmi ikut terjun ke kompetisi Formula 1 dengan membawa nama Audi dan Porsche pada tahun 2026 mendatang. Bagaimana ceritanya? Simak berikut ini.

Atas Dasar Meningkatnya Popularitas Formula 1

Konfirmasi ini disampaikan secara langsung oleh CEO VW Group, Herbert Diess dalam livestream "Dialog with Diess" di kanal YouTube VW Group.

Sang CEO mengatakan bahwa VW Group akan membawa nama Audi dan Porsche alih-alih menggunakan nama Volkswagen untuk bergabung di Formula 1 pada tahun 2026, bersamaan dengan perubahan regulasi power unit pada mobil Formula 1.

Bicara soal regulasi, FIA mengubah regulasi power unit pada musim 2026 mendatang dengan kompabilitas penuh terhadap sustainable fuel dan menghilangkan motor generator unit-heat (MGU-H) yang sempai dikeluhkan VW Group karena terlalu kompleks dan sangat mahal. Sang CEO juga mengatakan bahwa VW Group membutuhkan setidaknya tiga sampai empat tahun untuk mengembangkan mesin Formula 1 sendiri, sehingga mereka harus membuat keputusan secepatnya untuk musim 2026 mendatang.

Foto:The Race

Lalu kenapa VW memilih Formula 1? Diess menjelaskan popularitas Formula 1 yang semakin meningkat di seluruh dunia, apalagi eksposur terhadap Formula 1 semakin terlihat di Amerika Serikat serta semakin banyaknya penduduk Asia yang menonton Formula 1 meyakinkan VW untuk ikut terjun ke kompetisi jet darat tersebut.

"Jika kalian melihat acara olahraga terbesar di dunia, dalam hal ini motorsport hanya Formula 1 yang diperhitungkan dan semakin dibedakan. Jika ingin ikut motorsport, kamu harus melakukannya di Formula 1, dimana impaknya sangat besar. Ditambah lagi, kamu tidak bisa masuk Formula 1 kecuali ada jendela teknologinya. Dengan kata lain, harus ada perubahan regulasi, jadi semua mengulang dari awal lagi di tempat yang sama."

Diess mengatakan bahwa baik Audi maupun Porsche sudah melakukan progres terhadap komitmen di Formula 1. Menurut rumor terbaru, Porsche akan memasuki Formula 1 dengan berkolaborasi bersama Red Bull, sedangkan Audi akan 'berjalan sendiri' dengan mendirikan tim baru.

Namun, tidak semua anggota dewan direksi VW Group menyetujui rencana Audi dan Porsche masuk Formula 1, meski pada akhirnya rencana tersebut disetujui dengan alasan untuk menaikkan citra dari kedua merk tersebut.

"Diskusi dengan dewan direksi sama sekali tidak bulat. Kami memiliki prioritas dalam strategi. Tidak melulu soal motorsport, tapi kami harus memperbarui produk, harus memastikan bisa dikendarai secara autonomous, kami membutuhkan kemampuan software, (dan) kami membutuhkan baterai untuk mobil (listrik). Kami memiliki banyak hal yang dilakukan dan kami tidak terlalu membutuhkan Formula 1."

Sumber: Motorsport.com

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)