Lama Dinanti, Microsoft Rilis Trailer Forza Motorsport, Siap Rilis Musim Semi 2023

Gaming 13 Jun 2022

Rasanya para penggemar racing game tidak perlu mempertanyakan eksistensi dari franchise Forza, terutama bagi Xbox dan PC, apalagi seri terbaru Forza Horizon 5 sempat menjadi game dengan player base terbanyak di Steam saat peluncurannya pada November tahun lalu.

FYI, bukan rahasia umum lagi bahwa Forza dulunya hadir sebagai saingan langsung bagi Gran Turismo - sebuah racing game yang lebih berfokus pada simulation genre dengan nama Forza Motorsport, apalagi seri terbaru dari sim racing ini sudah diumumkan sejak tahun 2020 silam.

Namun, lama tidak terdengar sejak pengumuman tersebut, dan hype dari Forza Horizon 5 yang sempat membuat namanya tenggelam, akhirnya Microsoft membawa teaser dan informasi terbaru dari iterasi terbaru Forza Motorsport.

Tidak Membawa Embel "Forza Motorsport 8"

Pengumuman Forza Motorsport dibawakan oleh Microsoft melalui acara Xbox & Bethesda Showcase 2022, kali ini tanpa membawa embel seri kedelapan seperti Forza Motorsport 7 melainkan sebagai seri reboot dari Forza Motorsport orisinal dari tahun 2005.

Melalui demo yang ditampilkan, Turn 10 Studios sebagai developer dari Forza Motorsport memperlihatkan Maple Valley, sirkuit fiksi yang sudah ada sejak seri orisinal Forza Motorsport kembali hadir di seri reboot ini. Lalu untuk pertama kalinya di serial Forza Motorsport, sang developer memperkenalkan dynamic time yang tidak hanya sekedar kosmetik, namun juga mempengaruhi suhu lingkungan sekitar yang dapat mempengaruhi kinerja ban di setiap sirkuit.

Sebagaimana seri Forza Motorsport sebelumnya, seri reboot ini juga berfokus pada realism pada physic mobil termasuk sistem damage pada mobil yang telah di-overhaul dengan mensimulasikan hingga ke detail goresan pada mobil.

Lalu fitur yang sudah lama dinanti oleh para penggemar Forza Motorsport adalah tire and fuel management yang begitu identik bagi balapan ketahanan, artinya pemain harus memikirkan strategi penggunaan ban dan bahan bakar, menghasilkan balapan ketahanan yang lebih intens.

Forza Motorsport baru akan dirilis pada musim semi tahun 2023 mendatang Xbox Series X/S dan PC meskipun belum ada tanggal pastinya. Sebagaimana game first-party dari Xbox, Forza Motorsport juga akan tersedia dalam layanan Xbox Game Pass.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)