All New Ertiga Hybrid, Untuk Hari yang Lebih Baik. (Suzuki Indonesia)

[MBPI] Suzuki Ertiga Kini Mendapat Mesin Hybrid dan Berbagai Fitur Baru!

Otomotif 10 Jun 2022

Di tengah persaingan sengit di kelas LMPV, Suzuki masih mengandalkan Ertiga untuk bertarung melawan trio MPV Astra (Avanza-Veloz-Xenia) dan Mitsubishi Xpander. Dan agar persaingan semakin kompetitif, pada 10 Juni ini, Suzuki memberikan beberapa upgrade pada model MPV andalan mereka.

Salah satu hal utama yang di-upgrade di Ertiga 2022 ini ialah mesinnya yang kini mendapatkan fitur mild hybrid seperti di Ertiga Diesel yang pernah dijual pada beberapa tahun kebelakang. Basis mesinnya masih sama, dengan mesin K15B bertenaga 105 PS dan torsi 138 Nm, yang disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi 4 percepatan otomatis atau 5 percepatan manual.

Meskipun tidak menggunakan mesin K15C DualJet + transmisi 6 percepatan otomatis seperti di India, tapi mesin K15B ini masih bisa dipasangi sistem Suzuki Smart Hybrid dengan integrated starter generator dan baterai lithium-ion 12 volt. Dengan kombinasi tersebut, Ertiga baru ini diklaim lebih irit bahan bakar dan lebih ramah lingkungan.

Sistem Suzuki Smart Hybrid pada Ertiga baru (Suzuki Indonesia)

Selain fitur Hybrid yang menjadi sorotan, ada beberapa penyegaran di Ertiga baru ini. Meskipun di eksteriornya ia hanya berganti grill depan, velg dengan desain baru (di tipe Suzuki Sport/SS) dan garnish di pintu belakang, tapi di interiornya, ia mendapat beberapa fitur baru seperti MID full color di tipe GX dan SS, kombinasi warna hitam dan aksen charcoal (di GX) atau karbon (di SS), Electronic Stability Program dan Hill Hold Control (di tipe GX) dan Cruise Control.

Interior Ertiga Hybrid Suzuki Sport (B Channel)

Meskipun ketambahan fitur Smart Hybrid dan berbagai fitur baru lainnya, Ertiga baru ini hanya mengalami kenaikan harga sebesar 11,5-11,8 juta dari Ertiga yang dijual saat ini. Untuk varian GX Smart Hybrid, ia dibanderol seharga Rp 270,3-281,3 juta dan untuk varian Suzuki Sport Smart Hybrid, ia dibanderol seharga Rp 281,3-292,3 juta.

Lalu untuk varian non-hybrid, Ertiga baru ini hanya mengalami kenaikan 1-4 jutaan saja, sehingga ia dibanderol mulai dari 225,1 juta hingga 259,5 juta. Dengan harga yang masih dibawah 300 jutaan, apakah kalian tertarik dengan LMPV hybrid termurah yang bisa kamu beli saat ini?

Tag

Ilham Purnama Sadik

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.