Sirion Baru, dengan iklan bertemakan Metaverse (Daihatsu)

[MBPI] Hadir Lebih Sporti, Daihatsu Kenalkan Sirion Facelift di Indonesia

Otomotif 2 Jun 2022

Setelah diperkenalkan di Malaysia pada November 2021 dan sempat bocor saat laporan arus mudik kemarin, Perodua Myvi D51A akhirnya mendapatkan saudara kembarnya pada 2 Juni 2022 bernama Daihatsu Sirion Facelift. Mobil yang bersaing dengan Brio RS (termasuk Brio Urbanite 2.0) ini masih mempertahankan ciri khas sebuah Sirion dengan beberapa fitur baru.

Iklan Sirion Baru

Apa yang tetap dipertahankan di Sirion baru dibanding Sirion pre-facelift? Yup, konsep styling yang mengarah ke Myvi H/Advance tapi dengan dapur pacu yang sama dengan Myvi G. Mesinnya sendiri masih 1.300cc empat silinder dengan dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 94 dk dengan torsi 121 Nm, yang disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi D-CVT layaknya di Xenia baru.

Meskipun menggunakan basis Myvi G non PSDA secara dapur pacu dan sistem keselamatan, Sirion terbaru ini memiliki styling eksterior yang hampir mirip dengan Myvi 1.5 H/Advance tapi minus DRL vertikal di bumper di semua variannya, termasuk di varian R. Di interior, ada beberapa hal baru di Sirion facelift ini, mulai dari speedometer yang mirip dengan Myvi Advance, air purifier, auto door lock, idling start stop (atau Eco Idle menurut Perodua), infotainment system dengan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay (yang bahkan belum ada di Perodua Myvi) serta setir baru yang mirip dengan kepunyaan Rocky/Ativa.

Sayangnya, karena menggunakan basis Myvi G non PSDA, fitur keselamatan aktif A.S.A (Advanced Safety Assist) tidak disematkan pada Sirion facelift ini. Tapi disamping itu, fitur keselamatannya pun masih tergolong cukup lengkap dibanding kompetitornya berkat adanya empat buah airbag, traction control dan hill start assist.

Harga dan wujud Sirion X dan R (Daihatsu)

Sirion facelift dijual dalam varian 1.3 X dengan harga 227,6 juta dan 1.3 R dengan harga 236,8 juta OTR Jakarta. Dengan fitur baru dan harga yang sedikit lebih mahal dari Brio Urbanite 2.0, akankah Sirion facelift ini menjadi alternatif yang pas di segmen city car? Berikan komentarmu dibawah!

Tag

Ilham Purnama Sadik

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.