WulingEV, Mobil GSEV Pertama Wuling di Indonesia (Wuling Motors Indonesia)

[MBPI] Wuling Kenalkan Kendaraan GSEV Pertamanya di Indonesia

Otomotif 1 Jun 2022

Pada gelaran yang dihelat di mal Central Park, Jakarta pada 1-5 Juni ini, Wuling Motors Indonesia resmi memperkenalkan kendaraan listrik berbasis GSEV pertama mereka di Indonesia. Mobil listrik berukuran kompak ini merupakan mobil listrik kedua yang akan dirakit secara lokal setelah Hyundai IONIQ 5 yang meluncur pada IIMS kemarin.

Mobil yang bernama Wuling Air EV di Tiongkok ini (selanjutnya kami sebut sebagai WulingEV) memiliki dimensi yang cukup kompak layaknya Kei Car yang belakangan ini sedang ramai diimpor oleh importir umum di Indonesia seperti Honda N-Box. Sebagai perbandingan, WulingEV varian long wheel base yang ada di Tiongkok memiliki panjang 2974mm, lebar 1505mm, tinggi 1631mm dan jarak sumbu roda 2010mm; sementara Honda N-Box memiliki panjang 3395mm, lebar 1475mm, tinggi 1790-1815 mm tergantung jenis penggerak dan jarak sumbu roda 2520mm.

Pilihan Warna WulingEV (Wuling Motors Indonesia)

Dengan bentuk yang cukup boxy dan futuristik, WulingEV hadir dengan beberapa detail eksterior menarik seperti lampu DRL memanjang dari kiri ke kanan yang mirip dengan apa yang bisa kalian temukan di Hyundai Staria, fascia depan dan belakang yang terlihat hampir sama satu sama lain (yang mereka sebut sebagai modern parallel step), serta logo Wuling di depan yang bisa menyala. Kesemuanya membaur ke dalam desain besar dari mobil ini, yang mereka sebut sebagai future-tech design yang menimbulkan kesan futuristik dan minimalis.

Desain future-tech design ini dikombinasikan dengan pilihan warna yang menarik, mulai dari warna putih, hijau, biru, pink dan kuning. Kendati belum ada detail fitur dari interiornya, WulingEV nantinya akan dibekali fitur Voice Command, ADAS dan berbagai fitur menarik lain.

Hadir dalam dua varian, WulingEV hadir dengan motor listrik bertenaga 41PS (untuk short range) dan 68 PS (untuk long range) yang dikawinkan dengan baterai berkapasitas 17,3 kWh dan 26,7 kWh. Untuk jarak tempuhnya, ia mampu berjalan sampai 200km untuk varian short range dan 300km untuk varian long range.

Belum ada harga resmi dari WulingEV ini, tapi estimasinya ia akan dibanderol seharga 275-320 jutaan, atau hampir setengah harganya Hyundai IONIQ Liftback varian Prime. Itu artinya, jika harga resmi dari WulingEV ini sama seperti harga yang diestimasikan, ini akan menjadi mobil eletrik termurah yang bisa kamu beli di Indonesia.

Dan satu hal lagi, sama seperti IONIQ 5, WulingEV ini didaulat menjadi partner kendaraan elektrik di gelaran KTT G20 yang akan berlangsung di Bali pada November mendatang. So, apa pendapatmu tentang WulingEV?

Tag

Ilham Purnama Sadik

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.