Foto: dok Vocketcarclub/Instagram

Sempat Viral, Gojek Konfirmasi Tidak Akan Masuk Pasar Malaysia

Teknologi 27 Jun 2022

Beberapa hari yang lalu, sebuah foto yang memperlihatkan Honda City dengan logo Gojek sempat tertangkap kamera di Malaysia dan menimbulkan spekulasi di netizen Negeri Jiran bahwa perusahaan ride-hailing ini akhirnya akan memasuki pasar Malaysia untuk bersaing dengan Grab.

Sebagai informasi, sektor ride-hailing di Malaysia didominasi oleh Grab yang juga jadi pesaing Gojek di Indonesia. Data dari firma solusi dan penasihat sains Blackbox, Grab paling sering digunakan di Malaysia sebanyak 94%. Selain itu ada juga MyCar dan Maxim yang mengantongi hanya 3% serta 2%.

Sayangnya, that's what not the case.

Dikonfirmasi Tidak akan Masuk Pasar Malaysia

Foto: dok Vocketcarclub/Instagram

Salah satu perwakilan Gojek telah memberikan pernyataan kepada Tech in Asia bahwa perusahaan ride-hailing asal Indonesia ini tidak memiliki rencana apapun untuk memasuki pasar Malaysia.

Pihak perwakilan memberi alasan bahwa itu merupakan adegan syuting untuk kampanye iklan terbaru yang direncanakan tayang akhir tahun ini. Selain itu pihak perwakilan tidak memberikan alasan pasti kenapa proses syuting tersebut diadakan di Malaysia meskipun Gojek tidah hadir secara resmi di sana.

Lebih lanjut, nama Gojek tidak termasuk dalam 33 nama perusahaan yang terdaftar dalam Badan Transportasi Darat Malaysia (APAD) per 7 Juni, membuktikan bahwa Gojek tidak memasuki pasar Malaysia benar adanya.

Bukan berarti Gojek tidak melakukan apa-apa untuk melakukan penetrasi di Malaysia. Pada tahun 2019, Gojek sempat mengadakan uji coba ride-hailing sebagai pilot project setelah mendapat persetujuan dari Pemerintah Malaysia, dengan target diluncurkan pada tahun 2020.

Namun, pandemi COVID-19 yang melanda serta keputusan Pemerintah Malaysia untuk melarang ride-hailing membuat rencana tersebut pupus, dengan alasan tingginya angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)