Peluncuran kerjasama antara Gojek dengan KAI Commuter (Media Formasi/Andhika Rizky Reihansyah)

Sinergi Gojek-KAI Commuter, Beli Tiket KRL Kini Bisa Pakai Gojek

Teknologi 23 Jun 2022

Perkembangan teknologi finansial di Indonesia semakin maju dan masif, terutama di sisi sistem pembayaran. Masyarakat didorong untuk semakin maju dalam hal penggunaan metode pembayaran secara elektronik.

Gojek yang berkolaborasi dengan PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI), menghadirkan fitur pembelian tiket KRL Commuterline Jabodetabek melalui aplikasi Gojek. Kolaborasi ini memungkinkan masyarakat pengguna KRL untuk bisa membeli tiket KRL langsung dengan mudah dan cepat, melalui fitur GoTransit di aplikasi Gojek.

Gojek Sebagai Moda Penghubung KRL

‌                                                              Upload

Catherine Hindra Sutjahyo (Media Formasi/Andhika Rizky Reihansyah)

Direktur GoTo sekaligus Head of Indonesia Sales and Ops Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, kolaborasi ini hadir karena Gojek melihat bahwa satu dari pengguna Gojek pernah menggunakan GoRide atau GoCar sebagai moda penghubung dari atau menuju Stasiun KRL.

“Satu dari dua pengguna Gojek pernah menggunakan GoRide dan GoCar sebagai layanan penghubung untuk mereka menggunakan moda transportasi publik. Peluncuran resmi inovasi terintegrasi hari ini memungkinkan pengguna membeli tiket KRL Commuter Line langsung di aplikasi Gojek.

Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan, dan kenyamanan masyarakat serta menghadirkan kemudahan dalam mengakses transportasi publik. Ia pun mengatakan bahwa sejak fitur GoTransit hadir di aplikasi Gojek, fitur tersebut sudah diakses 20x lipat sejak diluncurkan.

"Kemudahan ini diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan dan loyalitas pengguna, bahkan menarik minat masyarakat untuk menggunakan transportasi publik khususnya KRL Commuter Line. Kami percaya tujuan tersebut dapat terwujud mengingat sejak inovasi ini diperkenalkan pada akhir Mei 2022 lalu, fitur GoTransit sudah diakses 20 kali lipat lebih banyak,” jelas Catherine.

Inovasi Gojek-KCI Kedepannya

Catherine pun juga menambahkan bahwa kedepan Gojek dan KCI terus meningkatkan fitur yang ada di GoTransit, salah satu rencananya dimana nantinya pengguna dapat membeli tiket bundle first-last mile, dan tambahan middle mile untuk mengakses transportasi publik, tentu salah satunya KRL Commuter.

“Lewat kampanye #JalanTerus, Gojek berkomitmen untuk semakin mempermudah mobilitas masyarakat dalam menggunakan moda transportasi publik. Kami tengah menyiapkan inovasi teknologi agar masyarakat dapat membeli tiket secara bundling sehingga semakin praktis dan hemat. Dalam satu transaksi di dalamnya sudah termasuk tiket first mile-last mile yang menggunakan layanan Gojek, serta tiket perjalanan middle mile menggunakan layanan transportasi publik termasuk salah satunya KRL Commuter Line," tambah Catherine.

Kolaborasi akan Memberi Manfaat Luas

‌                                                              Upload

Roppiq Lutzfi Azhar (Media Formasi/Andhika Rizky Reihansyah)

Sementara itu Direktur Utama PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI), Roppiq Lutzfi Azhar mengatakan bahwa kolaborasi ini akan memberi manfaat yang luas bagi pengguna harian Kereta Commuter Line yang jumlahnya mencapai 1,2 juta orang per hari.

Selain itu pengalaman masyarakat naik KRL Commuter Line bisa menjadi lebih lancar, cepat, dan minim kontak. Sebelumnya, kehadiran Gojek juga telah memudahkan akses bagi pengguna Commuter Line untuk menuju ke stasiun ataupun melanjutkan perjalanan ke tujuan akhir.

"Kami percaya kolaborasi dengan Gojek yang juga memiliki skala pengguna yang besar, akan semakin memperluas jangkauan kami untuk mengajak masyarakat menggunakan transportasi publik. Adanya kolaborasi ini diharapkan mendukung capaian target PT KCI untuk bisa mengangkut 2 juta orang per hari di masa yang akan datang," kata Roppiq.

Keuntungan Fitur Beli Tiket KRL di Gojek

Melalui aplikasi Gojek, masyarakat kini dapat membeli tiket KRL Commuter Line dengan lebih mudah dan praktis. Masyarakat dapat membeli tiket secara nontunai dengan memanfaatkan GoPay atau LinkAja tanpa perlu nominal deposit. Pengguna akan mendapatkan kode QR pada laman fitur Go Transit di aplikasi Gojek, untuk dapat melakukan tap-in pada waktu keluar dan masuk dari semua gerbang yang ada di stasiun Commuter Line.

Inovasi ini pun memungkinkan pengguna dapat membeli hingga 10 tiket KRL sekaligus sehingga bermanfaat ketika bepergian bersama rombongan. Pengguna juga dapat mengubah rute tujuan dengan mudah dan semua transaksi yang dilakukan dalam GoTransit tercatat lengkap pada bagian riwayat pemesanan.

Inovasi ini pun memungkinkan pengguna dapat membeli hingga 10 tiket KRL sekaligus sehingga bermanfaat ketika bepergian bersama rombongan. Pengguna juga dapat mengubah rute tujuan dengan mudah dan semua transaksi yang dilakukan dalam GoTransit tercatat lengkap pada bagian riwayat pemesanan.

Tag

Andhika Rizky Reihansyah

Broadcasting, Tech and Design Geek