Chevrolet Mencoba Menjual Corvette Z06 ini Sebagai NFT, Namun Tidak Laku

Otomotif 5 Jul 2022

Entah karena mengikuti tren atau alasan khusus lain, sepertinya tren NFT atau non-fungible token telah merambah berbagai industri dengan otomotif bukanlah pengecualian. Bahkan pabrikan mobil sampai turun tangan dengan menawarkan produk mereka tersendiri dalam format NFT.

Namun tidak semuanya antusias dengan tren NFT dan Blockchain, seperti yang dialami oleh Chevrolet berikut ini.

NFT Corvetter Z06 yang Tidak Laku

Semua berawal dari pertengahan Juni tahun lalu ketika Chevrolet mencoba peruntungan di dunia NFT dengan menjual artwork one-off Corvette Z06 hasil kolaborasi dengan seniman Nick Sullo dengan menggunakan xsullo online dengan nama Corvetter Z06 "Own the Colour".

Corvette Z06 NFT ini hadir dengan warna khusus Minted Green lengkap dengan paket opsi velg serat karbon dan Z07 Performance Package, serta plakat dengan kode khusus untuk autentikasi status one-off.

Banderolnya? Sekitar 206 ETH atau sekitar 235 ribu US Dollar (sekitar 3,52 Milyar Rupiah). Harga tersebut sudah termasuk dengan mobil aslinya yang sama persis dengan NFT, jadi pada dasarnya beli NFT gratis mobil sungguhan.

NFT ini dilelang melalui SuperRare pada 20-24 Juni, namun hingga Jumat lalu tidak ada yang memberikan penawaran pada NFT tersebut. SuperRare bahkan sampai memperpanjang durasi selama 24 jam karena jadwalnya bentrol dengan event NFT.NYC yang diadakan pada minggu yang sama, namun tidak juga menarik peminat.

Meski begitu, Trevor Thompkins, juru bicara Chevy, tak mempermasalahkan Corvette Z06 NFT yang tidak laku sebagaiman yang ditulis melalui Corvette Blogger. “Langkah pertama kami ke Web3 adalah pendidikan, dan kami akan terus mencari cara untuk memanfaatkan teknologi untuk memberi manfaat bagi pelanggan kami,” kata Thompkins.

Dengan melihat kegagalan Chevy dalam dunia NFT menjadi sebuah peringatan bagi pabrikan lainnya untuk berpikir dua kali jika ingin yang tergoda untuk terjun ke pasar NFT.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)