© 2022 Kyōsuke Kamishiro/KADOKAWA/ Tsurekano Production Committee

[First Impression] Mamahaha no Tsurego ga Motokano datta, Mantan Juga Bisa Sayang Sebagai Saudara

Pop Kultur 14 Jul 2022

Anime musim panas 2022 satu persatu mulai tayang nih, kalian sudah ada minat atau rencana anime apa saja yang akan kalian tonton sekarang? Salah satu anime yang membuat penulis tertarik untuk tonton adalah anime yang bercerita seorang mantan yang menjadi saudara, yakni berjudul Mamahaha no Tsurego ga Motokano datta (My Stepmom’s Daugther Is My Ex).

Peringatan!!! Artikel ini mengandung spoiler, bagi yang tidak ingin terganggu kenikmatannya menonton episode pertamanya silahkan tutup tab browsermu. Artikel ini ditujukan untuk orang yang ragu untuk menonton animenya.

Ketika pertama kali melihat trailer dari animenya yang penulis terlintas di pikiran adalah anime ini mengingatkan anime yang Eromanga Sensei. Salah satu hal menjadi daya tarik utama dan fokus dari dua anime tersebut adalah hubungan persaudaraan adik dan kakak yang bukan sedarah. Dan yang berbeda dari anime ini, bukan cuman dari plot cerita tapi hubungan dua karakter utama yang merupakan mantan pacar. Kendati sudah jadi mantan tapi di hadapan orang luar mereka terlihat seperti saudara normal yang saling peduli satu sama lain, walaupun kontradiksi dengan pertikaian hubungan 'mantan'.

Lebih Dalam Ke Keduanya

Yume Ayai a.k.a Yume Irido adalah seorang siswi SMA sekaligus kakak dari Mizuto Irido si mantan pacarnya. Memiliki kemampuan akademik yang baik, terlihat saat mendapatkan nilai terbaik saat masuk SMA Rakuro. Yume, memiliki sifat ceria dan gampang bergaul. Sifatnya ini, merupakan perbaikan diri dari masa lalunya yang merupakan perempuan SMP berkacamata, nerd dan kutu buku dan cenderung tidak memiliki teman. Oleh karena itu ia merubah penampilannya lebih peka terhadap fashion dan berusaha terlihat modis.

Gaya khas gadis kutu buku di anime

Penampilan Yume saat masih SMP, cantik seperti Hanekawa Tsubasa dari Monogatari Series, berubah setelah masuk SMA yang rambutnya dilepas panjang dan potongannya khas himecut. Perlu diingat, dia hanya pintar di bidang akademis, dia gampang sekali dijebak balik ketika menggoda atapun mencurangi Mizuto. Sisi baiknya adalah dia sangat peka terhadap Mizuto. Mungkin juga sifat baiknya ini bukan cuman paksaan sebagai karena statusnya menjadi kakak dari Mizuto tapi memang karena tulus atau malah kebiasaanya saat menjadi pacar. 'Tsundere'­ nya Yume sendiri bagi saya tidak seperti karakter tsundere macem Kirino, Tohsaka, dan lain-lain yang malah membuat saya jengkel & berlebihan. Sifatnya, yang peduli, baik & gampang lengah membuatnya jadi balance.

Mizuto Irido, laki-laki dingin dan kurang peka ke orang-orang sekitarnya. Sifat dinginnya itulah yang membuat Yume gemas dan ingin membuka sisi asli Mizuto. Bisa dilihat ketika dia menguping percakapan teman sekelasnya yang ingin memacari Yume, seolah-olah dia tidak peduli dirinya yang dimanfaatkan. Walaupun begitu dia juga terlihat sedikit mencemaskan kakak tirinya, Yume ketika menasihatinya agar segera memiliki teman. Ya, se-cool-cool-nya laki-laki seperti Mizuto, dia juga bisa tidak tahan godaan Yume, kakaknya sekaligus mantan.

Di depan orang tua dan lainnya, mereka harus menjaga image sebagai adik-kakak. Akan tetapi di belakang saling bertengkar mengenai harga diri masing-masing yang malah membuat mereka terlihat seperti adik-kakak yang normal. Di akhir episode terlihat mereka masih memendam perasaan hubungan mereka sebelumnya. Bisa dilihat, dari Yume dan Mizuto adalah bukan berarti habis putus, mereka malah dekat dan bisa mengetahui satu sama lain secara mendalam dalam hubungan saudara.

Penceritaan episode pertama ini hanya ke penggambaran awal ringan dua karakter utama, sedikit bumbu komedi dan fanservice agak 'wadaw' dan flashback mereka lewat tampilan mereka saat pacaran, sikap dan dari ungkapan keduanya.

Wajah Yume lebih dekat

Entah, apa yang ditawarkan romansa komedi ini, apakah dua orang yang saling menyembunyikan perasaan atau sekedar keanehan status hubungan mereka. Penulis berharap anime ini akan memberikan sesuatu plot yang berbeda dari anime romansa komedi yang sudah ada sebelumnya.

Jika kalian tertarik untuk menontonnya, anime ini bisa diakses di kanal YouTube resmi distributor anime Ani-One dan beberapa platform streaming lainnya seperti BiliBili/BStation.

Sumber gambar: Ani-One

Tag

Rizky Aufa Febrianto

Suka fotografi dan gambar anime, gaming tipis-tipis