Hyundai di 15 Juli : IONIQ 6 Versi Sembalap dan Sosok Asli Stargazer

Otomotif 15 Jul 2022

15 Juli ini merupakan hari yang cukup sibuk bagi pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai. Bagaimana tidak, setelah kemarin mereka memperkenalkan IONIQ 5, mereka justru memperkenalkan lebih banyak lagi hal keesokan harinya (atau lebih tepatnya pada 15 Juli ini).

Lantas, apa saja yang mereka hadirkan di 15 Juli ini?

Global : The N Day

Kita bicarain hal baru dari Hyundai secara global dulu lewat gelaran N Day yang baru saja digelar lewat premiere di YouTube Hyundai N Worldwide. Dalam N Day tahun ini, mereka baru saja memperkenalkan mobil balap listrik mereka bernama RN22e dan mobil konsep N Vision 74.

Hyundai RN22e - IONIQ 6 versi ugal (Motor1)

Hyundai RN22e ini sejatinya merupakan versi balap atau versi ugal dari Hyundai IONIQ 6 yang baru saja rilis kemarin, dengan penambahan fitur-fitur yang menunjang fungsi mobil ini sebagai mobil balap. Sebut saja spoiler yang membantu aerodinamika, Torque Vectoring by Twin Clutch, Racetrack Cooling Strategies yang dirancang khusus untuk mobil balap EV, sistem pengereman dan suspensi khusus balap, N Sound+ dan N e-Shift serta motor listrik ganda berpenggerak AWD yang menghasilkan total tenaga sebesar 577 dk.

Hyundai RN22e - IONIQ 6 versi ugal (Motor1)

Dan teknologi balap di RN22e ini nantinya akan dipakai juga ke dalam versi ugal dari IONIQ 5 yang nantinya akan debut sebagai IONIQ 5 N pada 2023 mendatang.

Selain RN22e, Hyundai juga memperkenalkan mobil konsep N Vision 74 dengan tenaga listrik dan hidrogen. Mobil ini mengambil inspirasi desain dari Hyundai Pony Coupe dengan power dari Hyundai N Vision Gran Turismo concept.

Hyundai N Vision 74 - Mobil Balap Bergaya Retro-Cyberpunk (Motor1)

N Vision 74 ditenagai oleh dua motor listrik berpenggerak roda belakang yang menghasilkan 671 dk dan torsi 900 Nm. Serta jarak tempuh dari mobil ini bisa mencapai 600 kilometer.

Lokal : Selamat Datang Stargazer

Sementara di tanah air, Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi membuka sosok asli dari MPV terbaru mereka, Stargazer. Mobil yang diposisikan untuk melawan Avanza-Veloz-Xenia dan Xpander ini dijual mulai dari Rp 243,3 juta hingga Rp 307,1 juta.

Hyundai Stargazer - Bintang baru keluarga Indonesia (Hyundai Motors Indonesia)

Stargazer hadir dengan bentuk eksterior yang serba membulat dengan nuansa futuristik khas Staria di depan dan nuansa khas Bayon di belakang. Interiornya sendiri terlihat mengambil bahasa desain dari mobil-mobil Hyundai modern seperti Palisade dan IONIQ 5 dengan opsi kursi captain seat di baris kedua.

Soal mesin, ia ditenagai oleh mesin Smartstream G1.5 MPI dengan output 115 PS dan torsi 144 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi manual (di varian Active dan Trend) dan IVT (di semua varian, termasuk Active, Trend, Style dan Prime).

Hyundai Stargazer - Bintang baru keluarga Indonesia (Hyundai Motors Indonesia)

Fitur-fitur lain yang hadir di Stargazer antara lain sistem keselamatan SmartSense, Bluelink, jok kulit, pengisi daya nirkabel, ambient light, sistem hiburan terintergrasi yang lengkap dengan Android Auto dan Apple CarPlay, panel instrumen digital, Cruise Control dan TPMS. Namun, tak seperti Creta, ia tidak hadir dengan audio premium dari Bose, ventilated seat, rem cakram belakang, air purifier, panoramic sunroof dan rem parkir elektrik.

Nah, dari ketiga mobil baru Hyundai ini, manakah yang menhjadi favorit MedForians?

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com