Komisaris Polisi Inggris: Kami Kesulitan Bertugas dengan Mobil Listrik Gara-Gara Selalu Kehabisan Daya

Otomotif 7 Jul 2022

Mungkin tidak dipungkiri bahwa transportasi masa depan akan menuju elektrifikasi, entah dengan mobil hybrid atau listrik (bisa dibilang EV) dengan alasan mengurangi dampak lingkungan yang ditimbulkan dari mobil ICE (Internal Combustion Engine).

Tidak hanya di kalangan konsumen, kalangan institusi juga ikut tren elektrifikasi dengan mengganti armada kendaraan menjadi mobil listrik, entah dengan alasan lingkungan atau sebagai bagian dari peremajaan armada kendaraannya, tidak terkecuali Kepolisian.

Khusus Kepolisian ini, bukan berarti mengganti mayoritas armada dengan mobil listrik adalah keputusan yang mendukung lingkungan semata, bahkan ada masalah yang lebih pelik.

Kesulitan Bertugas dengan Mobil Listrik Gara-Gara Selalu Kehabisan Daya

Inilah yang dilontarkan oleh Chris Nelson, Komisaris dari Kepolisian Gloucestershire di Inggris, yang memiliki jumlah mobil listrk terbanyak di armadanya. Meliputi 66 unit Nissan Leaf dan 9 unit Nissan NV200E - 21 persen dari jumlah total armadanya, mengatakan bahwa petugas kesulitan untuk bertugas dengan mobil listrik.

Dikutip dari The Telegraph, Nelson mengatakan bahwa petugas mengeluhkan armada yang digunakan selalu kehabisan daya saat bertugas, memaksa petugas untuk berganti kendaraan secara darurat.

“Saya telah mendengar banyak masalah dengan petugas yang mengemudikan kendaraan listrik mencoba mencari fasilitas pengisian, kehabisan daya dan kemudian harus mencari kendaraan lain. Meskipun saya sepenuhnya memahami dan mendukung pengendalian iklim, prioritas pertama kami adalah memerangi kejahatan.”
“Pilihan desain yang tersedia untuk kendaraan listrik untuk penggunaan operasional mungkin tidak semaju yang saya inginkan. Jadi, anggap saja seperti ini, saya berhati-hati untuk melangkah lebih jauh pada tahap ini.

Perlu diingat bahwa Pemerintah Inggris telah menetapkan pelarangan penjualan mobil bermesin ICE mulai 2030 mendatang sehingga unit Kepolisian Inggris punya waktu sekitar 7 tahun untuk meremajakan seluruh armada mereka menjadi mobil listrik.

Namun mengingat range anxiety yang masih melekat pada mobil listrik, belum semua unit Kepolisian Inggris yang masih menerima mandat tersebut sebagaimana tidak memiliki satu pun mobil listrik pada armadanya.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)