[MBPI] 2023 Honda Civic Type R, Inilah 'Anak Bungsu' dari Silsilah Hot Hatch Honda

Otomotif 21 Jul 2022

Setelah teaser yang ditampilkan beberapa kali termasuk debut pada acara Tokyo Auto Salon awal tahun lalu, inilah dia 2023 Honda Civic Type R yang begitu ditunggu kehadirannya oleh para penggemar.

Civic Type R terbaru (berkode FL5) sendiri lahir sebagai kado 25 tahun Civic Type R sejak generasi pertama berkode EK9 dirilis tahun 1997 silam sebagai generasi keenam berbasis Civic generasi ke-11. Sama seperti generasi yang sudah-sudah (kecuali FD2), Civic Type R hadir dengan bodi hatchback.

Tetap Setia dengan Manual dan FWD

Disaat berbagai hot hatch mulai ramai-ramai berpindah dengan konfigurasi all-wheel drive serta tranmisi dual-clutch ataupun torque converter, Civic Type R tetap dengan formula khasnya.

Artinya Civic Type R masih mengandalkan 2.0-liter Turbo K20 dari Civic Type R lawas (FK8) dipadukan dengan transmisi enam-percepatan manual. Tidak ada figur tenaga maupun torsi namun Honda klaim akan lebih bertenaga dibandingkan sebelumnya. Semuanya disalurkan via roda depan dengan limited slip differential.

Perbaikan pada Handling

Tanpa info figur performa sekalipun, Honda tetap membeberkan upgrade Civic Type R dari Civic standar, seperti rem Brembo empat kaliper dengan velg 19 inci, yang anehnya satu inci lebih kecil dari Civic Type R FK8 namun tapaknya lebih lebar, lebih tepatnya dari 245/30 ZR20 menjadi 265/30 ZR19.

Tidak ada info lanjut mengenai ubahan sasis dari Civic Type R baru, namun setidaknya rekor sirkuit Suzuka yang lebih cepat dari FK8 sekitar satu detik sudah menjadi petunjuk akan seperti apa ubahan sasis pada Civic Type R terbaru.

Desain yang Lebih 'Kalem'

Bicara soal desain, generasi lawas (FK8) bisa dibilang merupakan Civic Type R yang mengundang berbagai netizen untuk 'berdebat' karena desainnya yang sangat ramai dan terkesan 'norak' untuk sebuah hot hatch.

Namun sekarang, Honda membawa pendekatan lebih kalen untuk Civic Type R terbaru. Bumper yang lebih minimalis, flared wheel arches yang menyatu dengan bodi, serta spoiler belakang yang metal struts yang lebih tipis. Tidak lupa pula, triple exhaust layaknya versi FK8.

Belum ada kapan Civic Type R terbaru mulai dimulai maupun banderol harganya. Namun ditargetkan penjualan dimulai musim gugur mendatang.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)