[MBPI] 2022 Perodua Alza : Kembar Baru Avanza dan Xenia di Negeri Jiran

Otomotif 20 Jul 2022

Toyota Avanza (juga Toyota Veloz) dan Daihatsu Xenia akhirnya punya satu saudara kembar lagi, tapi bukan di Indonesia, melainkan di negeri jiran Malaysia. Pasalnya, Perodua (sebagai mitra Daihatsu di Malaysia) resmi memperkenalkan generasi terbaru Alza yang kini menggunakan basis Avanza dan Xenia.

Tampak belakang Perodua Alza 2022 (Perodua)

Sama halnya seperti Ativa (kembaran Rocky dan Raize disana) dan trio Avanza-Veloz-Xenia, Alza generasi kedua ini hadir dengan platform DNGA atau Daihatsu New Global Architecture. Platform ini memungkinkan pengemudi untuk merasakan pengalaman berkendara yang lebih asyik dibanding Alza generasi sebelumnya yang menggunakan basis Boon Luminas/Passo Sette.

Semua varian Alza mulai dari varian X, H dan AV hadir dengan mesin 1.500cc Dual VVT-i berkode 2NR-VE bertenaga 106 PS dan torsi 138 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi D-CVT yang sama seperti yang kita temukan di Avanza, Veloz dan Xenia baru.

Interior Perodua Alza 2022 (Perodua)

Menariknya, seluruh varian Alza baru sudah dilengkapi oleh 6 buah airbag serta sistem keselamatan aktif Advanced System Assist (ASA) yang merupakan bagian dari Perodua Smart Drive Assist (PSDA). Khusus varian flagship (AV), ia juga mendapatkan Adaptive Cruise Control, Lane Keep Assist, Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert dan kamera 360 derajat.

BTW, secara tampilan eksterior, Alza baru memiliki beberapa perbedaan yang khas dengan bahasa desain Perodua. Misal lampu LED yang sedikit lebih besar dari Avanza dan Xenia dan ground clearance yang malah lebih rendah sedikit dari Avanza-Veloz-Xenia yakni di angka 160 mm.

Alza baru ini dijual mulai dari 62.500 ringgit atau sekitar 210 jutaan rupiah hingga 75.500 ringgit atau sekitar 254 jutaan rupiah. Bagaimana, apakah kalian suka dengan saudara kembar Avanza-Veloz-Xenia dari negeri jiran ini?

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja