Menjelang Akhir Dukungan, Microsoft Kasih 'Peringatan' Pengguna Windows 8.1

Teknologi 13 Jul 2022

Microsoft Windows 8.1 memang bukanlah sistem operasi yang sukses secara komersial, apalagi Windows 8.1 hadir untuk menutupi berbagai kekurangan pada Windows 8 yang dihujani kritikan dari konsumen.

Namun, sebagai sistem operasi yang dibilang 'versi perbaikan' dari Windows 8 sekalipun, Microsoft masih berbaik hati dengan memberikan security update. Tentu saja, hal itu tidak berlangsung lama.

Mulai Dikasih Peringatan oleh Microsoft

Dikutip dari XDA Developers, Microsoft mulai memberikan peringatan akhir dukungan teknis bagi pengguna Windows 8.1. Dukungan teknis serta update keamanan terakhir bagi Windows 8.1 akan rilis pada 10 Januari 2023.

Rentang waktu yang masih setengah tahun tersebut tentu menjadi pertimbangan untuk upgrade sistem operasi Windows pengguna, terutama bagi pengguna 8.1.

Namun meski begitu, perangkat yang masih menggunakan sistem operasi ini tetap bisa digunakan walau dukungan berakhir. Namun akan sulit untuk melakukan update pada aplikasi UWP mengingat Store akan dinonaktifkan untuk OS ini pada Juli tahun depan.

Tidak Seagresif yang Diduga oleh Microsoft

Bicara soal peringatan, Microsoft terkesan 'lunak' dengan hanya memberikan notifikasi pengingat yang muncul secara berkala, itupun bisa dimatikan sepenuhnya.

Mungkin sikap ini didasarkan bahwa pengguna Windows 8.1 sendiri sudah sangat sedikit. Berbeda ketika Windows XP dan Windows 7 yang sempat memaksa Microsoft untuk memperpanjang dukungan teknis karena masih digunakan oleh banyak orang. Apalagi dengan kegagalan dari Windows 8 karena membawa perubahan antarmuka yang terlalu radikal.

Walau tidak memenuhi syarat untuk diinstal Windows 11, perangkat yang terinstal Windows 8.1 juga masih tetap bisa diupgrade ke Windows 10, sehingga umur perangkat masih cukup panjang untuk tetap digunakan. Mengingat, dukungan untuk Windows 10 tidak akan berakhir sebelum 2025 nanti.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)