[Opini] Bagaimana Perasaan #MedForSquad Menjadi 'Dokutah' di Arknights Selama 2,5 Tahun?

Gaming 28 Jul 2022
Halo MedForians Sekaligus Para Dokutah!

Tidak terasa sudah dua setengah tahun sejak Arknights dirilis secara global pada 16 Januari 2020 silam. Bagi kalian para pemain yang telah menjadi 'Dokutah' sejak hari rilis (atau bahkan sejak versi CN yang lebih dulu rilis) tentu sudah merasakan manis pahitnya menguras otak (dan juga dompet) untuk menyelesaikan berbagai stage, 'tham ngan' sumber daya untuk operator, atau bahkan melakukan berbagai 'run' di dalam game.

Bibeak, 'Bebeb-nya' sang penulis

Saya sang penulis yang juga menjadi Dokutah sejak Maret 2020 pun juga merasakan hal yang sama. Bagaimana impresi pertama saya setelah 'diracuni' oleh rekan media untuk terjun di dunia fiksi Terra sebagai pimpinan organisasi kesehatan Rhodes Island.

Saya yang awalnya tidak terlalu tertarik dengan genre tower defense pun ikut ketagihan dengan gameplay-nya yang terinspirasi dari Plants vs Zombies, salah satu game favorit saya - dan tentu saja style ala anime dengan pengisi suara yang membuatnya terasa ini seperti mobage anime, walaupun tidak begitu juga.

Tidak terasa dua setengah tahun telah berlalu. Nah, bagaimana impresi saya sebagai dokutah di Arknights?

Perhatian: Berikut ini adalah tulisan yang berdasarkan opini pribadi saya sebagai pemain Arknights dan tidak dibias atau dipengaruhi oleh opini dari pemain lain.

Livestream yang Sangat Cultured (Versi JP)

Jika kalian mengikuti perkembangan dari Arknights, seharusnya bukan hal yang lazim bahwa Yostar selaku publisher dari Arknights selalu membawa info penting melalui acara livestream yang ditayangkan melalui YouTube.

Biasanya acara livestream diadakan dalam versi EN (Inggris), KR (Korea), dan JP (Japan) dalam waktu yang berdekatan. Namun biasanya versi JP yang paling menarik perhatian para Dokutah.

Menurut penulis sendiri, alasannya simpel - acara livestream versi JP merupakan yang paling 'niat'. Setiap livestream versi JP selalu menghadirkan cosplayer yang begitu menyegarkan mata para Dokutah, serta livestream versi JP tidak melulu membeberkan event selanjutnya, melainkan juga beberapa merchandise serta info dari universe Arknight itu sendiri sehingga begitu dinanti dan tidak membosankan.

Setidaknya itulah pendapat sang penulis kenapa lebih menantikan livestream versi JP, salah satunya yang terbaru ini.

'Bantuan Sosial' Berkala dari Developer

'Bantuan sosial' memang selalu diapresiasi

Terkadang untuk menjaga fanbase agar tetap aktif dalam sebuah mobage, developer memberikan sebuah gift atau bisa saya bilang sebagai 'bantuan sosial' kepada para pemainnya.

Strategi ini sudah umum di pasar mobage dan Hypergryph selaku developer dari Arknights juga melakukan hal yang sama. Bisa dibilang, Hypergryph melakukannya secara rutin dengan jumlah yang beragam.

Jika melihat dari timestamp-nya, Hypergryph setidaknya akan memberikan bantuan sosial menjelang beberapa event penting seperti anniversary event, pembukaan chapter cerita baru atau collab seperti Rainbow Siege Six yang diadakan tahun lalu.

Setidaknya jumlah yang dikasih pun cukup besar, bahkan termasuk free pull 10x pada event tertentu yang bisa kalian tabung atau langsung gesek 'no debat dan pikir'. Jadi sejauh ini, Hypergryph  bisa dibilang cukup generous dalam memberikan 'bantuan sosial' yang lebih mengutamakan kuantitas.

Beragam Gameplay dengan Gimmick, tapi Tetap 'No Brain' juga Pada Akhirnya

Scwing-Scwing-Scwing....

Selama memainkan Arknight, saya menyadari kreativitas yang dituangkan Hypergryph untuk menghadirkan beberapa detail unik dari genre tower defense yang disuguhkan.

Coba pikirkan lagi, pada mayoritas event (dan juga story) memperkenalkan mekanisme baru pada gameplay yang bisa mempengaruhi baik operator maupun musuh, baik itu dalam bentuk buff atau debuff, atau mekanisme tertentu yang melibatkan lingkungan pada suatu stage.

Setidaknya kreativitas yang diberikan oleh Hypergryph pada Arknights melalui event yang digelar membuat gameplay tetap terasa segar dan tidak monoton karena pemain tentu harus putar otak dalam menanggapi mekanisme tersebut sehingga tidak terlalu repetitif.

Namun, tentu saja selalu ada Dokutah yang tetap berprinsip pada 'no brain' dan lebih memilih mencari guide terkait bagaimana menyelesaikan suatu stage dengan operator dengan rarity serendah mungkin. Saya menganggapnya sebagai 'Dokutah Mager'.

Lihat saja di YouTube, dimana banyak sekali guide dari beberapa pemain terkenal yang bisa kalian cari sendiri. Di sisi lain, menjamurnya guide ini mencermikan bahwa fanbase komunitas dari Arknights sendiri sudah berkembang pesat.

Kalian bisa mencarinya sendiri

Flexing Strategi melalui Contigency Contract

Contigency Contract, event para Dokutah 'nge-flex'

Pernahkan terpikir Anda seorang 'Dokutah' dengan big brain? Memiliki operator kuat dan merasa stage yang ada terlalu gampang? Hypergryph got it covered for you, namanya Contigency Contract (disingkat CC),

Otak kalian benar-benar diperas untuk menyelesaikan stage CC, makanya event ini menjadi favorit bagi beberapa Dokutah 'cerdas'. Selain itu seperti yang saya tulis sebelumnya, CC merupakan event yang pas bagi Dokutah yang suka flexing di sosial media bagaimana mereka menyelesaikan stage dengan handicap seberat mungkin.

Saya berikan contohnya dibawah ini, mohon maaf kalau hasilnya tidak sebagus itu karena pada dasarnya saya 'no brain dokutah' juga, but i did my best.

Namun sekali lagi, jika kalian masa bodoh dengan event ini namun masih menginginkan reward dari CC, selalu ada guide yang bisa kalian ikuti.

Tidak Melulu Flexing SSR, Namun Flexing E2 dan M3 Nomor Satu

Bicara soal flexing, tentu tidak terlepas dengan gacha SSR yang bakal berjamuran di berbagai komunitas Arknights, baik di Discord maupun grup Facebook. Namun Arknights sendiri tidak melulu soal 'tas pelangi' di setiap gesekan gacha.

Ya, kalian akan sering melihat flexing promosi operator menjadi Elite 2 atau "E2" atau skill yang ditingkatkan menjadi Mastery 3 atau M3. Promosi dan Mastery sendiri jauh lebih sulit dipenuhi daripada sekedar menggesek di gacha karena diperlukan resources yang lebih spesifik, yang jelas butuh girnding yang lebih lama.

Ya, memang merepotkan, tapi worth the effort to make it real (Sekalian flexing disini). Yah pada akhirnya, kalian saling 'keasinan garam' satu sama lain.

"Kyaa Skadi" dan Kotak Susu

Skadi memang imut, titik. (sumber: Gamebrott)

Selama setahun terakhir, saya menyaksikan beberapa momen worship unik di kalangan fandom Arknights.

Salah satu favorit saya adalah "Kyaa Skadi", sebuah ungkapan simp-ing dari salah satu anggota komunitas yang menjadi suatu tradisi dengan memberikan komentar “Kyaa Skadi” di postingan manapun yang berkaitan dengan Skadi. Skadi yang memang seimut itu memang terasa... bagaimana gitu.

Salah satu yang menarik lainnya adalah meme “Kotak Susu” yang awalnya sendiri berasal dari sebuah review film berjudul Escape Plan, mengingat meme tersebut viral pada event Mansfield Break yang berfokus pada tema pembobolan penjara.

Bahkan saking viralnya, Instagram Arknights memposting sebuah video animasi singkat yang menunjukkan aksi dari Operator Saria menghadapi musuhnya sambil menunjukan kotak susu.

“Di mata orang lain, ini hanyalah sekotak susu biasa…”

Adaptasi Anime Arknights: Prelude of Dawn yang Begitu Ditunggu

Berawal dari kesuksesan Arknights itu sendiri, Yostar tentu ingin memperluasnya dengan berbagai media, bukan?

Tidak heran bahwa adaptasi anime Arknights: Prelude of Dawn begitu dinanti oleh para Dokutah, apalagi premis cerita Arknights yang tergolong 'gelap' dengan membawa tema bencana dan kemanusiaan rasanya memang begitu penasaran seperti apa perspektif kita sebagai pemain, setidaknya bagi yang sudah menyelesaikan story tentu tahu bagaimana alur ceritanya.

Bagaimana Setelah Menjadi Dokutah selama 2,5 Tahun?

Jujur, saya tidak bisa menyimpulkan banyak karena semua ini dari perspektif saya sendiri dan tidak mewakili pendapat dari semua pemain Arknights secara keseluruhan.

Namun setidaknya, bantuan sosial ala Hypergryph, gameplay yang tidak mononton, flexing CC serta tradisi kocak ala para fandom membuat saya selalu terhibur dalam setahun terakhir.

Sejauh ini saya hanya melihat perkembangan melalui versi EN tanpa melihat versi CN jadi setidaknya saya menghindari spoiler (walaupun ujung-ujungnya tetap kena spoiler juga). Saya masih menantikan apa yang disuguhkan Hypergryph terhadap Arknights setidaknya selama 6 bulan kedepan sampai tiba pada ulang tahunnya yang ketiga di awal 2023 mendatang.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)