Pecah Kongsi, Jony Ive Tidak Lagi Bekerjasama dengan Apple

Teknologi 13 Jul 2022

Anda penggemar perangkat Apple seperti iPod ataupun iPhone? Apakah kalian menggemarinya karena desain yang timeless? Jika kalian adalah salah satu penggemar dengan alasan tersebut maka kalian tidaklah sendirian.

Desain ikonik dari iPod, iPhone dan iPad sendiri adalah hasil karya tangan dingin dari Jonathan Ive, termasuk desain radikal dari iOS 7. Tidak heran bahwa sampai sekarang desain iPhone dan beberapa produk Apple dikaitkan dengan Ive meskipun beliau sudah meninggalkan perusahaan sejak 2019.

Resmi Pecah Kongsi

Seperti yang dilansir melalui New York Times, Apple resmi mengakhiri kerja sama dengan mantan desainer Apple, Jonathan Ive setelah memulainya sejak 2019.

Bagi yang belum tahu, meskipun pada 2019 lalu Ive sudah lebih dulu hengkang dari perusahaan yang berbasis di California tersebut dan membangun agensi desain sendiri dengan nama LoveFrom, namun hingga beberapa tahun ke belakang beliau masih membantu Apple sebagai penasihat desain.

Dikutip dari New York Times:

Dalam beberapa pekan terakhir, dengan kontrak yang akan diperbarui, para pihak sepakat untuk tidak memperpanjangnya. Beberapa eksekutif Apple telah mempertanyakan berapa banyak perusahaan membayar Mr. Ive dan menjadi frustrasi setelah beberapa desainernya pergi untuk bergabung dengan perusahaan Mr. Ive. Dan Tuan Ive menginginkan kebebasan untuk menerima klien tanpa perlu izin Apple, kata orang-orang ini.

Ive yang bergabung dengan Apple sejak 1992 hingga 2019, telah merilis desain produk Apple yang ikonik, mulai dari iMac hingga desain earphone iPod. Dengan keputusan ini, maka COO Apple, Jeff Williams, memegang kendali penuh atas divisi desain. LoveFrom masih akan terus bekerja untuk Airbnb dan Ferrari.

Dengan berakhirnya kerjasama Ive dan Apple, menandai berakhirnya era Ive di Apple yang telah berlangsung selama 30 tahun.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)