Teaser baru Perodua Alza generasi kedua yang akan meluncur pada lusa ini (Paul Tan)

Perodua Kenalkan Generasi Terbaru Alza Pada 20 Juli Ini

Otomotif 18 Jul 2022

Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2009 silam, MPV asal negeri jiran, Malaysia, Perodua Alza akhirnya akan mendapatkan generasi terbarunya pada lusa ini, atau lebih tepatnya pada 20 Juli jam 12 siang waktu setempat atau jam 11 siang WIB. Hal tersebut dikonfirmasi dengan hadirnya teaser baru di media sosial milik Perodua di Instagram.

Generasi terbaru dari Perodua Alza ini mengambil basis dari salah satu MPV terlaris di Indonesia, Daihatsu Xenia/Toyota Avanza-Veloz, setelah sebelumnya menggunakan basis Daihatsu Boon Luminas/Toyota Passo Sette. Penggunaan basis baru ini menghadirkan banyak improvisasi dibandingkan generasi sebelumnya.

Misal dari dimensi yang makin memanjang sehingga menciptakan ruang kaki yang lebih lega dari generasi sebelumnya, fitur yang bertambah banyak serta hadirnya sistem keselamatan Perodua Smart Driving Assist (PSDA) yang meliputi Advance Safety System (A.S.A) 3.0 dengan adaptive cruise control, dan berbagai hal baru lainnya. Adapun mesin dari Alza baru ini menggunakan basis mesin yang sama dengan Perodua Myvi atau Daihatsu Xenia/Toyota Avanza-Veloz, yakni mesin 2NR-VE 1.500 cc yang menghasilkan tenaga sekitar 103-106 PS dan torsi 137-138 Nm, yang disalurkan ke transmisi D-CVT ke dua roda depan.

Perodua sendiri sudah membuka pemesanan untuk MPV pesaing Toyota Veloz dan Proton Exora ini sejak sebulan kebelakang dengan harga tentatif mulai dari 62.000 ringgit (atau sekitar 208 jutaan rupiah) hingga 75.000 ringgit (atau sekitar 252 jutaan rupiah). Terbilang cukup kompetitif jika dibandingkan dengan harga mobil di kelas yang sama di Indonesia seperti Stargazer, Xpander ataupun trio Astra (Xenia-Avanza-Veloz).

Jadi, sudah siap menyambut saudara kembar baru dari trio MPV andalan Astra ini?

Tag

Ilham Purnama Sadik

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.