Seperti Inilah Pertandingan Sepak Bola di Layar Kaca via Rompi Body Cam

Teknologi 20 Jul 2022

Biasanya pada ajang olahraga yang ditayangkan pada televisi, biasanya penonton tidak hanya disuguhkan dari tangkapan kamera yang tersebar sepanjang pertandingan. Demi membawa pengalaman bagaimana sebuah olahraga atau kompetisi dari dekat, biasanya kamera juga ditempatkan pada lokasi yang sangat berkedatan dengan kompetitor.

Bisa seperti helmet cam atau halo cam yang sering digunakan pada balapan open-wheel seperti Formula 1, bahkan ada juga kamera yang terpasang di badan atlet di cabang olahraga lain.

Lalu bagaimana dengan sepak bola? Seperti apa sih ketika berada sangat dekat di lapangan?

Seperti inilah Penapampakannya

Inilah yang sempat dicoba melalui pertandingan pra-musim Bundesliga antara FC Köln melawan juara Serie A Italia - AC Milan, dimana beberapa pemain FC Köln mengenakan Mindfly, sebuah body cam yang terintegrasi dengan rompi yang digunakan oleh pemain, sehingga penonton bisa melihat dari perspektif first-person.

Kalian bisa lihat seperti apa penampakan body cam yang dikenakan oleh winger FC Köln, Tim Limperle ketika Oliver Giroud mencetak gol untuk AC Milan pada Twitter berikut ini.

Dikutip dari goal.com, Eran Tal dari MindFly mengatakan bahwa rompi body cam dirancang seringan mungkin agar tidak mengganggu performa pemain, bahkan sampai pemain tidak merasakan perbedaannya ketika dikenakan.

"Menggunakan MindFly dalam sepak bola membawa kegembiraan lapangan kepada para penggemar. Rompi AI kami yang ringan dirancang untuk menjaga performa pemain dan terasa sama seperti mengenakan rompi GPS, dan atlet lupa bahwa mereka memakainya setelah beberapa menit."

Kalau bertanya pada kami atau siapapun yang menggemari sepak bola, penggunaan rompi body cam ini memang merupakan cara yang sangat pintar yang dapat membawa penonton untuk merasakan sengitnya kompetisi secara langsung dari lapangan secara perspektif first-person, bahkan bisa menjadi game changer bagaimana sebuah pertandingan sepak bola ditayangkan di masa depan.

Melihat potensi yang ditawarkan pada rompi body cam ini, bukan tidak mungkin menjadi inspirasi bagi permainan video game sepak bola seperti FIFA atau eFootbal untuk menghadirkan fitur serupa di masa yang akan datang.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)