Shinzo Abe Ditembak saat Pidato, Dilarikan ke Rumah Sakit

Pop Kultur 8 Jul 2022

Mantan perdana menteri Jepang, Shinzo Abe, tertembak dari belakang oleh orang tidak dikenal saat sedang memberikan pidato di wilayah Nara pada Jumat pagi (08/07).

Menurut laporan dari lembaga berita Jepang, NHK, Shinzo Abe ditembak oleh seseorang dengan shotgun atau senapan gentel. Reporter NHK setempat mengatakan bahwa setidaknya ada dua suara letusan senjata di lokasi kejadian.

Shinzo Abe pun langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Saat waktu kejadian, mantan perdana menteri Jepang tersebut tidak menunjukan tanda-tanda vital yang jelas, ungkap seorang reporter yang mengutip pernyataan dari petugas pemadam kebakaran setempat.

Serangan mendadak tersebut menbuat Shinzo Abe dalam kondisi kritis dengan tidak terdeteksinya denyut jantung.

Beliau dilarikan ke rumah sakit dengan helikopter medis.

Shinzo Abe Ditembak dengan Shotgun

Penyerang yang saat ini teridentifikasi dengan nama Tetsuya Yamagami, umur 40 tahun, langsung ditahan oleh petugas setempat. Ia menggunakan pakaian kaos warna abu dan celana khaki, ungkap seorang saksi mata.

"Terlihat seperti mainan, seperti bazooka," ungkap seorang saksi mata ke NHK, mengutip dari Yahoo News.

Pidato Abe untuk Pemilu Mendatang

Shinzo Abe dikabarkan sedang berada di wilayah Nara untuk mendukung seorang kandidat pada pemilu majelis tinggi Jepang yang akan dilakukan pada Minggu ini.

Sebelumnya, Shinzo Abe menjabat sebagai perdana menteri Jepang pada tahun 2006 sampai 2007 dan pada tahun 2012 hingga 2020. Abe adalah perdana menteri dengan masa jabatan terpanjang di Jepang.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast