CyberOne, Inilah Robot Humanoid Pertama dari Xiaomi

Teknologi 13 Agt 2022

Bagi Xiaomi, mereka bukan sekedar produsen ponsel, tablet, maupun berbagai Internet of Things (IoT), namun mencakup sebagai perusahaan teknologi secara universal. Makanya Xiaomi selalu bereksperimen dengan berbagai approach secara teknologi.

Buktinya? Xiaomi memiliki divisi bernama Xiaomi Robotics Lab yang berfokus pada pengembangan robotik, dengan salah satu pencapaianny adalah Xiaomi CyberDog yang diperkenalkan Agustus tahun lalu. Nah, di tahun 2022 ini Xiaomi memperkenalkan CyberOne.

Robot Humanoid Pertama dari Xiaomi

Sesuai yang ditulis sebelumnya, CyberOne merupakan produk kedua dari Xiaomi Robotics Lab setelah CyberDog.

Secara fisik, CyberOne memiliki tinggi 177 cm dengan berat 52 kilogram. Robot ini mendapatkan julukan "Metal Bro" dan karena CyberOne diperkenalkan pada bulan Agustus, dia pun mendapatkan zodiak Leo.

Untuk membantu berinteraksi dengan lingkungan sekitar, robot ini dilengkapi panel OLED melengkung sehingga membuatnya dapat melihat dunia dalam 3D. Selain itu, ia juga memiliki dua mikrofon sebagai indra pendengaran yang bisa mengidentifikasi 85 jenis suara lingkungan dan 45 emosi manusia.

Bahkan dalam peragaan yang dibawa oleh CEO Xiaomi, Lei Jun, CyberOne memasuki penggung sambil memberikan bunga pada CEO lalu selfie bersama sebelum meninggalkan panggung.

"Kemampuan AI dan mekanis CyberOne semuanya dikembangkan sendiri oleh Xiaomi Robotics Lab.," kata Lei Jun, CEO dari Xiaomi Group dalam pernyataan resminya, mengutip press release.

"Kami telah berinvestasi dalam R&D yang mencakup berbagi bidang, termasuk inovasi perangkat lunak, perangkat keras, dan algoritma," imbuhnya

Xiaomi CyberOne masih belum dikomersialkan, namun Lei Jun memperkirakan kemungkinan bakal dihargai sekitar 600 ribu hingga 700 ribu yuan (sekitar Rp 1,3 miliar sampai Rp 1,5 miliar).

Sumber: Press Release

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)