EA: Kami Tetap Pertahankan Microtransaction di FIFA 23

Gaming 13 Agt 2022

Game dan Microtransaction bukanlah dua kata yang 'harmoni' satu sama lain. Jika pada game free-to-play maka praktik tersebut sah-sah saja karena disitulah sumber pendapatan dari developer. Namun bagaimana jika game sendiri berupa tipe Triple-A yang harus dibayar penuh terlebih dahulu? Apa kalian merasa masih merogoh kocek lagi untuk

Tentu para gamer masih ingat kontroversi microtransaction dari Star Wars: Battlefront II sampai Electronic Arts dianggap sebagai public enemy pada 2017 silam. Saking kontroversialnya sampai beberapa negara merumuskan regulasi yang berkaitan microtransaction ini.

Apakah ini artinya EA 'kapok' dengan praktik microtransaction? Tentu tidak, malah mereka yakin bahwa praktik ini sudah 'diterima' oleh gamer. Benar begitu?

Sudah Mulai 'Diterima' di FIFA 23

Seperti yang ditulis diatas, EA masih terus melanjutkan praktik microtransaction ini, salah satunya adalah FIFA 23, game sepak bola terakhir EA dengan lisensi dari FIFA sebelum rebranding menjadi EA Sport FC tahun depan.

Lalu bagaimana tanggapannya? Menurut wawancara yang dilakukan oleh Eurogamer, EA tetap mempertahankan microtransaction melalui FIFA Ultimate Team (FUT) Pack setelah mendapatkan 'lampu hijau' dari Pemerintah Inggris yang memutuskan tidak mengambil tindakan terhadap microtransaction yang dianggap sebagai judi.

"Kami dengan sepenuh hati percaya bahwa Ultimate Team dan FUT Packs, yang telah menjadi bagian dari permainan selama lebih dari satu dekade, adalah bagian dari FIFA yang disukai para pemain - penggemar menyukai bahwa permainan mencerminkan kegembiraan dunia nyata dan strategi membangun dan mengelola. sebuah skuad. Memberi pemain pilihan untuk membelanjakan jika mereka mau adalah adil," bunyi pernyataan EA.
"Perlu dikatakan bahwa pengeluaran sepenuhnya opsional dalam permainan kami, dan kami tidak mendorong pengeluaran untuk mendapatkan hadiah melalui bermain game. Paket FUT bekerja dengan cara yang sama apakah itu dibayar atau diperoleh, dan sebagian besar pemain tidak menghabiskan permainan sama sekali. Misalnya, sembilan dari 10 Paket FUT yang dibuka di FIFA 22 diperoleh."

FYI, bagi kalian yang belum tahu, FIFA Ultimate Team merupakan mode online di FIFA 23 yang memungkinkan gamer untuk menciptakan tim tersendiri dengan pemain yang bisa didapatkan melalui lootbox dan bersaing dengan tim lain secara online.

Bicara soal kontroversi microtransaction yang ditimbulkan, beberapa negara ikut meregulasi mengenai lootbox dengan alasan unsur perjudian. Di Belgia, di mana lootbox telah dilarang, EA menghapusnya dari game yang dijual disana.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)