[FOKUS] Mengintip Sejenak Siaran Digital Singapura, Baru Terasa Canggihnya

Media 4 Agt 2022

Saya tinggal di Batam dan saat ASO di Singapura dan Malaysia saya juga ikuti. Dan baru beberapa bulan ini niat saya untuk menikmati siaran digital dari negara tetangga akhirnya baru keturutan sekarang.

Meskipun baru satu kanal saja yang bisa didapat dari Singapura karena terkendala antena ataupun kabelnya, namun itu sudah cukup untuk membuat saya takjub dengan siaran di negara pulau tersebut.

Ada beberapa fitur yang sudah saya jajal dari salah satu dari dua siaran yang ada dalam kanal 33 yang saya dapatkan, yakni Channel NewsAsia dan Channel U. Fitur yang pertama adalah fitur subtitle, di mana kita bisa memilih bahasa subtitle yang bisa kita mengerti.

Drama Korea di Channel U dengan subtitle bahasa Inggris

Pada Channel NewsAsia terdapat 4 pilihan bahasa, yakni Inggris, Melayu, Mandarin, dan Tamil. Sedangkan di Channel U hanya 2, yakni Mandarin dan Inggris. Untuk audio, baru Channel U saja yang memiliki multi audio yang bisa dipilih, yakni audio bahasa Mandarin, dan bahasa asli dari konten yang disiarkan. Saya menyaksikan drama Korea dan saya bisa memilih mau menggunakan bahasa Korea atau Mandarin. Dan ada beberapa iklan berbahasa Inggris juga yang bisa diganti menjadi bahasa Mandarin.

Sayangnya untuk fitur EPG belum bisa saya gunakan. Namun dua fitur ini saja sudah cukup bagi saya. Masih ada waktu bagi Indonesia untuk dapat menyempurnakan berbagai fitur yang ditawarkan siaran digital terrestrial. Semoga sebelum tenggat waktu ASO yang semakin dekat ini, berbagai fitur canggih juga dapat dinikmati oleh pemirsa tanah air.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.