Rumor desain iPhone 14 Pro/Pro Max

iPhone 14, Airpods Pro 2, Watch Pro, Inilah Bocoran Apple Event Bulan September

Teknologi 23 Agt 2022

Tidak terasa lagi bulan september akan datang. Biasanya brand Apple rutin untuk mengadakan sebuah event pada bulan tersebut tiap tahunnya. Yap, siapa sih yang tidak tahu Apple Event untuk kalangan tech enthusiast, sebelum eventnya diadakan banyak juga rumor yang bertebaran di internet mengenai apa saja yang akan diperkenalkan di eventnya nanti.

Nah kali ini sebuah rumor dari MacRumors membocorkan spesifikasi iPhone 14 sampai dengan Airpods Pro 2 yang dirumorkan akan mendukung ALAC.

iPhone 14

Sumber: macrumors.com

Bisa diperkirakan bahwa iPhone 14 tidak mengubah desainnya dari iPhone 13. Dan juga iPhone 14 tidak akan membawa perubahan yang banyak dan kemungikan hanya pada bagian kamera. Oleh karena itu penamannya juga diperkirakan hanya akan menambahkan kata 'S' pada nama iPhone sebelumnya yaitu "iPhone 13S".

Apple tidak akan meluncurkan tipe mini dari iPhone 14 karena penjualan iPhone 13 Mini juga menjadi paling sedikit dari tipe yang lain. Jadi hanya akan ada seri iPhone 14 biasa dan iPhone 14 Pro yang berukuran 6.1 inch dan iPhone 14 Pro Max berukuran 6.7 inch. Tentunya semua tipe akan mengususung desain flat.

Fitur ProMotion display hanya akan ada di versi Pro/Pro Max. Untuk iPhone 14 yang biasa tetap akan menggunakan chip A15 Bionic dan chip baru A16 Bionic akan disisipkan di versi Pro/Pro Max. Perubahan desain baru terlihat di iPhone 14 Pro/Pro Max yang menggusung desin punch hole untuk kamera dan pill untuk Face ID. iPhone 14 akan mempunya ram 6GB di semua tipe dan upgrade modem 5G, Snapdragon X65 10 Gigabit.

Untuk mengakomodir tenaga A16 Bionic, iPhone 14 Pro/Pro Max akan ditambahkan sistem vapor chamber thermal. Penyimpanan juga mengalami peningkatan dengan adanya opsi storage 2TB. Selain teknologi ProMotion, iPhone 14 Pro/Pro Max juga akan membawa fitur unggulan android yaitu Always-on display.

Kamera menjadi hal utama yang mengalami peningkatan di semua tipe terutama untuk tipe Pro/Pro Max. Di mana megapixelnya hampir menyaingin smartphone mid-range sekarang yaitu mencapi 48 megapixel untuk wide lens dan sensor yang 21 persen lebih besar. Yang juga membuat surprise adalah versi pro akan mendukung perekaman resolusi 8K! Sementara kamera depan mengalami peningkatan yaitu bisa autofocus.

iPhone 14 biasa akan tersedia dalam warna black, white, red, blue dan yang baru warna purple dan akan dibandrol mulai $799. Sedangkan iPhone 14 Pro/Pro Max akan tersedia dalam warna Graphite, gold, silver, dan juga warna baru, purple. Tidak jelas disebutkan perkiraan harganya tapi untuk versi pro di mana tipe ini mengalami banyak peningkatan, bisa dimungkinkan bahwa harganya akan naik dari iPhone 13 Pro/Pro Max sebelumnya.

Apple Watch Series 8

Sumber: macrumors.com

Apple akan menambahkan sedikit beberapa fitur baru ke Apple Watch Series 8 yaitu penginderaan suhu dan deteksi kecelakaan mobil. Fitur kecil yang mungkin sangat berguna adalah low power mode untuk memperpanjang waktu hidup perangkat. Desainnya masih sama dengan Watch Series 7 dan tersedia dalam ukuran 41 dan 45mm.

Apple Watch Series 8 ini akan ditenagai chip S8 yang juga memiliki performa sama dengan chip S7.

Apple Watch Pro

Sumber: macrumors.com

Bukan hanya Macbook, iPad, iPhone, dan Airpods yang memiliki versi pronya, Apple juga akan merilis Apple Watch Pro yang merupakan versi perkembangan dari Apple Watch SE. Dan tentunya Apple Watch Pro ini digadang-gadang akan membawakan keunggulan yang tidak ada di Apple Watch Series 8.

Apple Watch Pro ini akan memiliki flat display seperti iPhone tapi tidak pinggirannya masih rounded. Perangkat ini juga didesain khas rugged karena pangsa produknya ditujukan untuk atlit. Layar diagonalnya sebesar 2-inch, menawarkan bentang layar yang lebih luas. Dan juga versi pro ini mempunyai daya tahan baterai yang lebih lama dari Apple Watch Series biasa.

Airpods Pro 2

Sumber: macrumors.com

Walaupun generasi kedua dari Airpods Pro mulai muncul tanda-tandanya tapi tidak dapat dipastikan akan hadir bersama iPhone 14 dan Apple Watch. Airpods Pro 2 bisa kemungkinan besar akan hadir tahun depan.

Dengan membawa desain yang sama dengan generasi sebelumnya dan dilengkapi silicone untuk meredam suara luar. Airpods Pro 2 mengalami peningkata di suara, chip H1 yang mempunyai kemampuan self-adaptive noise cancellation, dan integrasi Find My. Adapun fitur berguna yaitu penambahan speaker di charging case yang dapat mengeluarkan suara ketika hilang. Selain itu, peningkatan yang utama adalah Airpods Pro 2 in akan mendukung codec audio lossless ALAC (Apple Lossless Audio Codec).

Nah bagaimana? Apakah dengan rumor yang beredar ini kamu semakin tertarik dari salah satu produk yang mungkin akan diperkenalkan oleh Apple? Tulis komentarnya ya!

Tag

Rizky Aufa Febrianto

mediocre in all sector