[Liputan] Bertamasya ke GIIAS 2022 di Hari Terakhir

Event 30 Agt 2022

Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2022 memang sudah berlalu, keriaan dan keseruan dari berbagai jenama otomotif yang ramai-ramai memeriahkan gelaran ini membuat siapapun yang datang akan merasa senang saat berada disana.

Bagaimana pengalaman sang penulis sendiri menghadiri pameran otomotif terbesar di Indonesia untuk pertama kalinya? Apalagi penulis sendiri hadir di hari terakhir jadi mungkin ada 'kesan' tersendiri. Nah, cekidot!i

Jenama Asia

Seperti yang kalian tahu dari infografik yang kami buat di hari pertama GIIAS, ramai-ramai jenama otomotif melakukan debut pada produk terbaru mereka disana. Termasuk jenama otomotif Asia mulai dari pabrikan Jepang, Korea, dan Tiongkok.

Kita mulai dulu dari segmen terpopuler di Indonesia, LMPV. Apalagi kalau bukan duo bintang utama di pameran ini Hyundai Stargazer dan Mitsubishi Xpander Cross Facelift yang membuka tabirnya secara publik di ajang ini.

Tidak heran bahkan hingga hari terakhir pameran, keduanya memiliki daya tarik yang membuat orang penasaran seperti apa rasanya berada pada kedua mobilnya. Serta tentu saja, membuat Surat Pemesanan Kenadaraan (SPK) terhadap kedua mobil ini.

Berpindah ke Honda. Bukan hanya sekedar memperkenalkan teknologi e:HEV melalui CR-V dan Accord, namun akhirnya juga memperlihatkan bagaimana versi produksi dari SUV RS Concept yang sempat dipajang di perhelatan yang sama tahun lalu.

Mau dibilang diperkenalkan pun masih understated, karena mobilnya sendiri masih dikamuflase berat, sedangkan versi produksinya baru akan diperkenalkan pada akhir tahun jadi masih ada waktu bagi Honda untuk me-refine "Brio Rasa suV" ini.

Beralih ke EV, dimana mungkin kalian lebih tertarik dengan Wuling Air EV yang menjadi primadona EV terjangkau di Tanah Air, namun ada dua alternatif yang lebih menari perhatian penulis - Chery EQ1 dan DFSK Mini EV.

Jika Jenama Asia masih kurang bagimu, bagaimana dengan brand Lexus? Ya, merek dibawah naungan Toyota ini menjadikan GIIAS 2022 sebagai ajang Indonesian Premier untuk Lexus LF-Z Electric Concept serta Lexus RX terbaru. Tidak lupa juga, Lexus NX450h+ yang juga diperkenalkan pertama kali di ajang GIIAS 2022 ini.

Bukan hanya mobil yang dijual massal untuk konsumen umum, di GIIAS 2022 ada beberapa mobil konsep yang dipajang sebagai bentuk unjuk gigi pabrikan dalam menghadapi tren teknologi otomotif yang tengah berkembang belakangan ini. Dan salah satu mobil konsep yang menarik di GIIAS 2022 ialah Daihatsu Ayla EV yang dikembangkan oleh tim R&D Daihatsu Indonesia.

Bahkan, mobil balap pun juga ikut dipajang di gelaran GIIAS 2022 ini. Sebut saja Mitsubishi dengan Xpander AP4 mereka, Toyota GAZOO Racing dengan mobil yang dipakai di balapan ISSOM atau Slalom mereka, bahkan Honda ikut memajang mobil F1 mereka yang dipakai oleh Max Verstappen.

Atau KIA yang ikut menggebrak dengan menampilkan dua mobil listrik sekaligus - Niro EV dan EV6 sang kembaran dari Hyundai Ioniq 5.

Memang masih banyak lagi yang bisa saya ceritakan pada kalian, namun kali ini biar galeri foto berikut yang berbicara:

Jemana German

Selanjutnya dari trio Jerman, tidak lain dan tidak bukan adalah Audi, BMW, dan Volkswagen (serta Porsche) yang sama-sama ikut terjun memperkenalkan produknya.

Kita mulai dari BMW, yang menampilkan BMW iX dan i4 sebagai mobil listrik terbaru dari pabrikan Bavaria tersebut. Tidak sekedar duo mobil listrik, 2-Series Coupe terbaru serta Z4 M40i juga ikut diperkenalkan.

Berpindah ke pabrikan Jerman lainnya, ada Audi dan Volkswagen yang sama-sama berbagi lantai pameran yang memperkalkan berbagai produknya seperti A5 Sportback dan VW T-Cross berikut ini.

Seperti biasa, kali ini kita biarkan gambar-gambar berikut ini untuk berbicara berikut ini:

Sempat Menyempatkan Diri Mengikuti Test Drive

Seperti halnya pada pameran sebelumnya, GIIAS 2022 memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menjajal berbagai kendaraan melalui acara test drive, bahkan sampai ada test drive indoor yang dikhususkan untuk mobil listrik.

Dalam sebuah kesempatan langka, saya menyempatkan diri untuk mencoba salah satu mobil listrik - Nissan Leaf. Bagi penulis sendiri, Nissan Leaf menjadi mobil listrik yang pertama kali dikendarai sehingga penulis sendiri sempat kikuk karena begitu heningnya.

Bagaimana Pengalaman Selama di Pameran?

Bagi penulis, menghadiri ajang otomotif sekelas GIIAS 2022 merupakan pengalaman pertama kalinya sekaligus bisa membayangkan bagaimana otomotif Indonesia ke depannya.

Secara keseluruhan, GIIAS 2022 memberikan kesan yang begitu berharga bagi penulis sehingga saya begitu excited bagaimana GIIAS 2023 kedepannya.

See You at GIIAS 2023~

Tag

Ilham Purnama Sadik

Di antara dengan Dio Puja Altha

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.