Toyota Yaris Ativ 2023 yang mirip seperti Toyota Corolla Altis (Toyota Motor Thailand)

[MBPI-LN] Toyota Yaris ATIV Kini Hadir Dengan Wajah Baru!

Otomotif 9 Agt 2022

Apakah kalian pernah mendengar nama Toyota Yaris ATIV? Jika belum, mungkin kalian sudah tahu dong sama Toyota Vios? Yep, Toyota Vios yang dijual di Indonesia sejatinya merupakan sebuah Toyota Yaris ATIV a.k.a versi sedan dari Toyota Yaris spek Asia Tenggara. Dan pada 9 Agustus 2022, Toyota Motor Thailand resmi memperkenalkan Yaris ATIV generasi kedua, yang kini berkolaborasi dengan Daihatsu.

Yaris ATIV menjadi produk sedan pertama Toyota yang berplatform DNGA, yang artinya ia sebasis dengan Toyota Raize/Daihatsu Rocky/Perodua Ativa dan Toyota Avanza-Veloz/Daihatsu Xenia/Perodua Alza. Maka jangan kaget kalau ada beberapa part perintilan yang mungkin tidak begitu asing jika kalian pernah menaiki atau mempunyai mobil-mobil berplatform DNGA seperti yang kami sebutkan tadi.

Fascia depan Yaris Ativ 2023 (Toyota Motor Thailand)

Desain eksteriornya kini menjadi lebih sporti dan mewah, dan mungkin kalian setuju kalau mobil ini punya desain yang membuatnya menjadi Baby Corolla atau bahkan Baby Camry. Tapi memang, desain ala-ala baby Corolla/Camry ini sangat kental di fascia depannya, karena di fascia belakangnya ia justru terlihat seperti kompetitornya, Honda City Sedan.

Lampu belakang Yaris Ativ 2023 (Toyota Motor Thailand)

Tapi meskipun ia punya desain belakang yang mirip City sedan, setidaknya Toyota memberikan lampu sein sequential di bagian belakangnya. Sehingga ia terlihat lebih keren dari City sedan.

Masuk ke dalam, kalian bakal disambut dengan dashboard yang desainnya terinspirasi dari dashboard mobil Mazda kekinian, yang tentunya juga digabung dengan part-part yang sama seperti mobil-mobil berplatform DNGA. Sebut saja panel instrumen 7 inchi yang mirip di Raize/Rocky/Ativa dan Veloz/Alza, panel AC yang mirip Raize dan Veloz, stir yang mirip Raize/Rocky/Ativa dan lain sebagainya.

Interior Yaris Ativ 2023 (Toyota Motor Thailand)

Tapi memang, desain dashboardnya terlihat cukup mewah, apalagi kalau pakai opsi warna interior yang serba berwarna merah, yang kalau menurut Rockford dari LUGNUTZ Auto Junkie, melambangkan kesan RESING. Plus, ada beberapa fitur menarik lainnya seperti filter PM2.5 yang sangat berguna di era pandemi, idling stop system, electric parking brake, head unit touchscreen 9 inci, ambient light, kamera 360 derajat, dan Toyota Safety Sense yang lengkap dengan Adaptive Cruise Control.

Di Thailand, mobil ini termasuk ke dalam Eco Car, sehingga ia hadir dengan mesin 3NR-VE 1.200 cc Dual VVT-iE bertenaga 94 PS dan torsi 110 Nm yang dipadukan dengan transmisi Super CVT-i di semua tipenya. Yaris ATIV ini dijual mulai dari harga 539 ribu baht hingga 689 ribu baht atau sekitar 225 hingga 288 jutaan rupiah.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Basically Ioforia, loves Hyundai IONIQ 5 and Toyota Voxy btw.