Microsoft Menuduh Sony “Sogok” Developer Agar Tidak Masuk Game Pass

Gaming 13 Agt 2022

Dalam industri video game, sistem subscription merupakan tawaran paling menggoda bagi para gamer. Cukup dengan membayar setiap bulan yang cukup terjangkau, gamer berkesempatan untuk menikmati semua game yang ditawarkan. Sejumlah perusahaan seperti Sony, Microsoft maupun Nintendo sudah ahli dalam hal seperti ini.

Namun tidak lupa pula eksklusifitas platform merupakan salah satu senjata utama untuk tetap tampil paling unggul.

Nah, berawal dari sini muncul rumor bahwa Sony selaku pemilik platform PlayStation berlaku curang dalam memonopoli gamenya. Bagaimana bisa?

Terungkap dalam Sebuah Dokumen Terbaru

Dilansir dari The Verge, tuduhan berawal dari sebuah dokumen yang dikirim kepada Administrative Council for Economic Defense (CADE) di Brasil mengenai akuisisi Activision/Blizzard oleh Microsoft, menyatakan bahwa Sony secara aktif “menghambat perkembangan” layanan Xbox Game Pass dengan mencegah konten untuk tampil di dalamnya.

Kalian bisa melihat isi dokumennya melalui tautan berikut ini.

Microsoft menyebut bahwa upaya mereka untuk memperluas Game Pass dihambat dengan sengaja oleh Sony, dengan cara memberikan “hak blokir” kepada developer, dimana Sony akan memberikan sejumlah uang kepada developer agar hanya menyediakan gamenya melalui layanan PlayStation Now dan tidak pada Xbox Game Pass maupun layanan lainnya.

Terdapat beberapa penyataan yang disensor dan tidak dipublikasikan, mungkin dengan alasan rahasia perusahaan. Sony sendiri tidak memberikan komentar resmi apapun terkait tuduhan tersebut.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)