Sumber: Istimewa

Pertama Kali Punya Figurine? Mungkin Tips & Trik Perawatan Ini Bakal Berguna Untuk Kalian

Pop Kultur 25 Agt 2022

Habis beli figurine? Atau ada rencana untuk mulai mengoleksinya. Ya selamat untuk kalian yang mulai tertarik dengan salah satu hobi penggemar anime atau kalangan wibu-wibu yaitu membeli berhala dari karakter yang kalian sukai lalu memajangnya di kamar sebagai penghias sambil dipandang-pandang dan diterawang bagian-bagian tertentunya (yarashii~).

Tapi tentu saja, kalian membeli figure tersebut dengan uang yang cukup banyak. Cukup bervariasi dari yang murah seperti dari lini SEGA yaitu Super Premium Figures dan lain-lain, lalu ke yang agak mahal dari GSC dan Max Factory dengan seri Pop Up Parade yang memfokuskan figurine murah tapi dengan warna cat gradasi khas scale figure, dan dari Ichiban Kuji.

Yang terakhir adalah scale figure yang mungkin termurahnya dari GSC, Kotobukiya, lalu yang termahal yang saya tidak terlalu tahu mereknya apa karena memang tidak terpikirkan untuk membeli scale figure yang mahal(mahal pak).

Walaupun memang ada beberapa orang yang menganggap uang yang dikeluarkan untuk membeli figurine belum seberapa tapi perlu diingat bahwa tiap orang perlua kebutuhan yang berbeda?

Oleh karena itu saya bagikan tips dan trik kalian bagaimana cara merawat figurine kalian agar tetap awet dan bagus.

Penempatan Figurine

Penempatan figurine dekat desktop

Yang pertama dan paling mudah untuk dinotice adalah penempatannya. Paparan apapun yang mengenai figurinemu juga sangat berpengaruh terhadap perubahan warnanya, apalagi kalau kamu taruh di meja ruang tamu yang pastinya bakal hilang bukan? (guyon semata).

Pertama yang paling penting adalah jangan di taruh di mana figurinemu bisa terkena paparan matahari. Biasanya adalah meja yang dekat dengan jendela atau jendelanya tepat di depan meja.

Mungkin memang akan terlihat bagus jika terkena cahaya matahari tapi itu hanya akan membuat warna figurinemu berubah warnanya terutama yang paling ketara/signifikan terlihat adalah bagian kulitnya yang mulai berubah warna jika sering terpapar sinar matahari.

Bahan utama yang paling sering digunakan dalam pembuatan figurine adalah PVC yang merupakan salah satu plastik tidak tahan dengan sinar matahari. Salah satu komponen rumah yang terbuat dari PVC misalnya plafon disarankan untuk dipasang di indoor.

Harga LED Strip di salah satu e-commerce

Saya sarankan jika kamu ingin figurinemu terlihat maka harus keluar sedikit budget untuk membeli lampu sejenis LED strip atau sejenis lampu neon yang juga dapat mendekorasi ruanganmu, bisa dibeli mulai dari Rp50.000.

Perhatikan Kualitas Kebersihan Udara Ruanganmu

Kipas bersih

Terlihat sepele? tidak juga. Bahkan kebersihan udara juga penting untuk kesehatanmu juga bukan cuman figurine. Tentu saja yang dimaksud dengan kebersihan udara adalah tentang partikel yang ada di udara ruanganmu. Partikel sejenis debu dan lainnya bisa gampang menempel di figurinemu dengan gampang. Partikel tersebut perlahan-lahan dari waktu ke waktu menempel ke figurinemu.

Yang paling penting adalah untuk tidak lupa membersihkan pendingin ruanganmu baik AC maupun kipas angin jangan sampai berdebu. Jangan lupa untuk menutup pintu kamarmu jika kamu meninggalkan kamar maupun masuk dalam kamar.

Bukan berarti saya menyarankan untuk menutup pintu kamarmu kamu harus hikikomori sesekali keluar untuk menghirup udara dan tiap beberapa saat kamu harus membuka pintu kamarmu agar ruanganmu dapat sirkulasi udara yang baik. Jadi jangan biarkan pintu kamarmu terbuka dalam jangka waktu yang lama agar partikel tidak masuk ke ruanganmu, menempel di figurinemu.

Atau tips lain adalah jika kamu punya uang lebih, kamu bisa membeli display case atau sejenis lemari yang memiliki kaca trasnparan agar figurinemu bisa terlindung dari debu selagi bisa dilihat sebagai barang koleksi yang bagus.

Contoh display case yang biasa ada di toko action figure

Kamu juga bisa membeli penghilang kelembaban udara agar jamur tidak menempel di figurinemu. Yang paling mahal adalah dengan membeli alat yang bernama Dehumidifier.

Lalu yang agak murah ada penyerab kelembaban bisa merek apapun, yang paling gampang dicari adalah Bagus Serap Air. Dan yang paling murah bahkan kamu bisa mendapatkannya secara cuma-cuma ketika membeli makanan atau sepatu, yaitu silica gel.

Silica gel memang tidak terlalu efektif mencegah kelembaban daripada dua alat sebelumnya tapi setidaknya dapat mengurangi (mencegah lebih baik daripada mengobati).

Silica gel

Suhu Ruangan

Satu hal lagi yang juga penting adalah mencegah suhu ruangan jangan sampai terlalu panas. Sekitar 25 C sampai 33 C sudah cukup dan tidak mungkin juga kamu bisa betah di ruangan bersuhu di bawah 25 C, jadi jangan terlalu berlebihan juga.

Kalau panas kamu bisa tuh untuk sesekali membuka ruanganmu agar tidak lembab dan jamur sukar untuk tumbuh.

Cara Sederhana Mencuci dan Merawat Figurinemu

Setelah saya beritahu bagaimana cara memperlakukan dan merawatnya dengan hal-hal yang sederhana, sekarang adalah bagian cara mencucinya dan merawatnya jika figurinemu sudah kotor dan memang kelihatannya harus dicuci atau kamu membeli figurine bekas dengan noda yang sangat susah untuk dihilangkan.

Sabun yang biasa saya gunakan adalah hanya cairan cuci piring, bisa merek apapun. Sabunnya tidak neko-neko karena sabun cuci piring adalah sabun yang paling aman dan paling gampang untuk dibilas.

Ada cara tertentu agar kotorannya bisa luntur dan tidak merusak figurinemu. Berikut akan saya bagikan tata cara saya dalam mencuci figurine.

Sebelum itu akan saya sebutkan terlebih dahulu alat-alat yang dibutuhkan:

· Ember besar(bukan diameternya yang besar)

· Cairan cuci piring

· Kanebo/serbet (Untuk kanebo harus kamu khususkan untuk figurinemu jangan gunakan kanebo yang biasa untuk mengeringkan kendaraan)

· Sarung tangan silikon(opsional)

Alat-alatnya terlihat sedikit dan mudah untuk dicari bukan? Pertama yang harus kamu lakukan adalah mengisi embermu penuh sampai dalam agar figurinemu bisa direndam seluruhnya.

Sebelum menyeburkannya pastikan figurinemu dibongkar dahulu. Hati-hati terhadap part logamnya agar dipisah dan tidak diceburkan ke air agar tidak korosi.

Perlakukan khusus bagian yang ada logamnnya dengan menutupnya pakai lakban dan dicucinya dengan cara tidak direndam.

Ember besar yang dangkal agar figurine bisa terendam sepenuhnya

Rendam sekitar  setengah jam agar debunya menjadi lembek dan mudah terlepas. Ambil figurinemu lalu tuang cairan pencucinya ke figurine. Cuci figurinemu dengan tangan kosong atau jika tanganmu terlalu sensitif bisa menggunakan sarung tangan berbahan karet/silikon.

Usahakan hati-hati dalam mengusapnya. Kalau kotorannya susah terangkat, dibersihkannya dengan cara mengusap dengan sedikit diberi tekanan oleh jarimu saja.

Untuk bagian yang ada cat seperti sticker bisa lebih hati-hati agar tidak gampang terkelupas.

Setelah semua bagian diusap dan dirasa cukup bersih, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah celup-angkat figurinemu ke dalam air. Lakukan seperti mencelup-angkat kantung teh. Hal ini dilakukan agar kotorannya terhantam air.

Ulang beberapa kali hingga figurinemu dirasa cukup bersih. Biasanya yang saya lakukan setelah celup-angkat figurine adalah mengaduknya di dalam air seperti mengaduk sendok.

Celup-angkat
Mengaduk figurine dalam air

Setelah celup-angkat, bilas figurinemu di bawah air yang mengalir sambil diusap. Disarankan keran airnya yang dapat mengucur deras dan kucurannya lurus tidak menyebar.

Saya membersihkannya di wastafel

Keringkan dengan kanebo baru yang memang kamu khususkan untuk membersihkan figurinemu. Jangan menggunakan kanebo yang biasa digunakan untuk mengelap kendaraan karena kotorannya bisa saja merusak figurinemu.

Kamu juga bisa gunakan serbet atau lap piring yang bersih. Sebelum dipasang kembali pastikan figurinemu kering agar tidak ada air yang terjebak di sela-sela.

Tidak ada duit membeli kanebo, saya menggunkana serbet sebagai penggantinya
Jika figurinemu dirasa masih kotor, setelah dibersihkan dengan cairan pencuci piring, rendam lagi di air yang sudah tercampur sabunnya. Ulangi langkah-langkah setelah direndam di air

Untuk figurine tua yang kotorannya susah dibersihkan dan permukaannya lengket mungkin tidak bisa diselamatkan lagi oleh cairan cuci piring.

Plastik lengket adalah hal yang wajar karena pengaruh usia, bukan karena terkena cairan putih. Soda kue adalah jawaban dari permasalahan ini.

Soda kue

Bersihkan dengan menjumput sedikit soda kue ke area yang kotor, ambil sedikit tetesan air lalu usap di bagian kotornya. Usap dengan cara gerakan membulat dan harus pelan-pelan. Ingat! membersihkan dengan soda kue ini harus telaten, jangan tergesa-gesa dan jangan usap terlalu lama.

Soda kue ini sedikit abrasif ke permukaan. Saya pernah membersihkan bagian kotor di area yang mengkilap dan malah membuatnya terlihat doff. Setelah bersih, bilas dengan air bersih agar tidak ada bekas soda kue.

Hasilnya mungkin tidak terlalu bersih tapi permukaan figurinemu menjadi tidak lengket lagi. Berikut saya kasih contoh sebelum dan sesudah dibersihkan dengan soda kue.

Sebelum dibersihkan
Sesudah dibersihkan

Jika setelah melakukan semua hal tadi figurinemu masih kotor, saya sarankan agar tidak memaksakan diri untuk membersihkannya dengan sabun yang lain. Ditakutkan jika kamu melakukannya malah membuat permukaan figurinemu rusak.

Ya, itu adalah tips-tips dari saya bagaimana cara memperlakukan dan merawat figurinemu dengan baik. Jika kamu punya tips dan saran lain, bagikan opinimu di kolom komentar ya!

Tag

Rizky Aufa Febrianto

mediocre in all sector