Sumber: YouTube, Tech Skipper

Belum Lama Rilis, Banyak Temuan iPhone 14 Series "Bermasalah"!

Teknologi 19 Sep 2022

Belum lama rilis pada ajang Apple Event 2022 pada 7 September lalu dan rilis secara global pada 16 September kemarin, iPhone 14 Pro/Pro Max, tipe tertinggi dari seri iPhone 14 sudah mendapatkan sejumlah masalah.

Dilansir dari MacRumors permasalahan yang paling banyak ditemukan dan paling banyak dibagikan oleh penggunanya di media sosial adalah ketika menggunakan aplikasi Snapchat, TikTok, dan aplikasi serupa yang membutuhkan kamera. Beberapa pengguna mengalami masalah di mana kamera utama bergetar, tidak bisa fokus dan mengeluarkan suara aneh. Seorang Youtuber, bernama Luke Miani juga mengalami masalah serupa di mana kameranya bergetar dan tidak fokus bahkan saat menggunkan aplikasi kamera bawaan. Untungnya Luke dapat menukarkan iPhone 14 Pro nya yang bermasalah ke unit yang baru di Apple Store.

Dugaan sementara, permasalah ini dapat terjadi karena adanya bug software yang membuat masalah pada kinerja "sensor-shift optical image stabilization" generasi kedua di lensa utama. Apple mengatakan akan memperbaiki bug ini di update iOS 16.1 beta.

Pengguna iPhone 14 Pro/Pro Max yang memiliki unit dengan masalah serupa disarankan agar tidak menggunakan aplikasi yang membutuhkan kamera sampai fix update datang. Hal tersebut agar menghindari kerusakan kamera belakang.

"Freezing" Setelah Transfer Data

Tidak hanya masalah kamera, masalah serius lainnya datang di semua tipe iPhone 14 series ketika melakukan restore data dari iCloud atau migrasi data dari iPhone lama. Apple mengakui bahwa adanya bug dimana pengguna setelah melakukan restore data atau migrasi data dari iCloud saat aktivasi, gawainya akan tidak responsif atau freeze selama 5 menit.

Bug tersebut juga diikuti dengan bug lain yaitu iMessage dan FaceTime tidak bisa menyelesaikan aktivasi dan kemungkinan akan tetap di iOS 16.0.1 . Dilansir dari Forbes Apple menyebutkan beberapa bug berikut setelah mengatur pertama kali iPhone 14 series:

  • Pengguna tidak dapat menerima pesan dari iMessages dan panggilan di FaceTime
  • Pengguna akan menerima bubble pesan berwarna hijau bukannya biru
  • Percakapan di Messages ditampilkan sebagai 2 threads daripada menjadi 1
  • Penerima akan menerima pesan pengguna dari akun yang salah

Dari beberapa bug yang telah disebutkan, Apple menyarankan agar penggunan update ke iOS 16.0.1. Namun dalam iOS 16.0.1 release notes bug tersebut tidak disebutkan yang berarti bahwa kemungkinan bug tersebut tidak akan benar walaupun pengguna selesai update ke iOS 16.0.1.  

Sampai berita ini terbit, belum ada perbaikan resmi dari Apple.

Tag

Rizky Aufa Febrianto

mediocre in all sector