Ingin Potret Huayra Bergaya Klasik? Pagani Rilis Kamera Analog Berharga Selangit Untukmu

Otomotif 20 Sep 2022

Tidaklah mengejutkan bahwa seorang insinyur otomotif seperti Horacio Pagani adalah seseorang yang sangat mengapresiasi fotografi analog. Perhatikan mobil seperti Zonda, Huayra, maupun yang terbaru - Utopia, ketiganya memiliki karakter desain rumit yang hanya bisa dikawinkan dengan kerajinan kuno dan teknologi.

Makanya Pagani menganggap bahwa jika ingin mengabadikan sebuah gambar dari sebuah karya seni, haruslah diekspresikan dengan teknik pengambilan gambar dari teknologi lawas.

Makanya Pagani sampai berkolaborasi dengan Gibellini, perusahaan asal Italia yang berfokus pada kamera large format untuk merilis GP810HP, sebuah kamera analog yang dibuat khusus untuk Pagani.

Foto: Gibellini

Menurut Gibellini, proyek tersebut membutuhkan waktu dua tahun untuk diselesaikan karena menganalisis dan meneliti pabrikan hypercar Pagani untuk mempelajari bahan dan teknik yang unik untuk merek tersebut untuk membuat kamera yang memiliki "perpaduan harmonis yang menciptakan objek eksklusif dan unik yang diproduksi dalam jumlah terbatas."

“Proyek ini didedikasikan untuk klien yang sangat menuntut yang mencintai kecantikan untuk kepentingannya sendiri terlepas dari apakah mereka penggemar fotografi atau tidak. Ada banyak pekerjaan manual di kamera ini, ada teknologi dan semangat. Ini adalah objek yang dibuat untuk tujuan yang tepat: untuk membangkitkan emosi.”  - Horacio Pagani

GP810HP tentu bukan sekedar kamera analog bermerek Pagani, namun lebih dari itu. Pertama, rangkanya sendiri terbuat dari alumunium dan titanium dengan bidang fokus dan bidang lensa bergerak secara independen satu sama lain.

Tripod beserta alas kameranya sendiri dari serat karbon yang dibalut kulit dan Alcantara. Secara dimensi tergolong besar, dengan berat 4,7 kg (10,3 lbs), jadi kamera itu dilengkapi dengan tas jinjing kulit yang tersedia dalam berbagai pilihan warna elegan.

Soal kameranya sendiri, lensanya memiliki delapan derajat gerakan, empat gerakan pada bidang lensa dan empat pada bidang film sehingga cocok untuk fotografi arsitektural atau teknik tilt-shift yang artistik. Gambar filmnya ditangkap melalui pelat besar berukuran 8 x 10 inci dibelakangnya.

Berapa Harganya?

Rasanya 'agak gimana gitu' untuk penasaran dengan harga kamera analog ini, apalagi kamera ini adalah hasil kolaborasi Pagani dan Gibellini, karena pastinya berharga 'selangit'.

Unitnya pun sangat terbatas. Pagani akan menawarkan secara ekslusif kepada para pemilik untuk 30 orang pertama, dari 75 unit yang direncanakan untuk diproduksi. Harganya sendiri berkisar $74,594 atau sekitar 1,116 Milyar Rupiah.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)