Ini Dia Rekor Akselerasi Terkencang di Dunia, 0-100Km/Jam Hanya 1,416 Detik!

Otomotif 11 Okt 2022

Jika kita membandingkan berbagai mobil dari segi performa, salah satu acuan yang bisa dilihat adalah figur akselerasi dari 0 sampai 100 km/jam atau bisa juga 0-96km/jam jika mengacu pada satuan imperial (0-60mp/h). Semakin kecil figur waktu yang dibutuhkan.

Biasanya inilah yang diunggulkan dari sebuah mobil listrik dibandingkan mobil ICE konvensional. Tentu saja karena motor listrik memiliki keunggulan torsi maksimal di "nol" RPM dibandingkan dengan mobil ICE konvensional yang baru mencapai torsi maksimal di putaran tertentu.

Dengan keunggulan tersebut, terbesitkah berapa rekor figur akselerasi terkencang di dunia untuk mobil listrik? Jika terpikir figur tersebut adalah Tesla Model S Plaid atau Rimac Nevera maka kalian salah, karena faktanya rekor tersebut dipegang oleh mobil yang dibangun oleh tim beranggotakan mahasiswa.

Figur Akselerasi 1-100Km/Jam hanya 1.416 Detik

Rekor ini dipecahkan oleh GreenTeam, tim yang berisikan 20 mahasiswa dari University of Stuttgart yang berfokus menciptakan mobil listrik untuk komptesisi dengan basis dari E0711-11 EVO yang dibangun oleh tim tahun lalu.

Secara teori, untuk mendapatkan figur akselerasi yang fantastis, dibutuhkan tidak hanya tenaga besar namun juga bobot seringan mungkin dan traksi yang mencengkeram di jalan, makanya mobil single-seater ini dibangun dari sasis serat karbon berbobot hanya 145kg, dan dipasangkan dengan motor listrik bertenaga 240hp (180kW), hasilnya adalah power-to-weight ratio yang hanya sebesar 1.65hp/kg.

Sebagai perspektif, figur ini lebih baik daripada mobil F1 musim 2022 dengan kisaran 1.25hp/kg, dan saat akselerasi penuh mampu mencapai 2 g, itupun masih lebih 'jinak' dengan figur 2.5 g.

Hasil yang didapat adalah figur akselerasi 0-100km/jam dalam waktu hanya 1.416 detik saat diuji di Bosch Research Campus di Renningen, Jerman pada 6 Oktober lalu. Figur ini juga cukup untuk mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh AMZ Racing dari Swedia dengan catatan waktu akselerasi 1.513 detik.

Menonton video ini memang agak antiklimaks. Karena pemecahan rekornya tergolong sangat singkat, sepertinya tidak terlalu banyak yang bisa ditampilkan setelah percobaan tersebut, apalagi bukan hal mudah untuk mengendalikan dorongan G saat berakselerasi sekeras itu. Namun fakta bahwa pencapaian ini diraih oleh sekelompok siswa dan bukannya pabrikan mobil, figur itu tetaplah impresif.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)