Miniclip Resmi Tutup Server Game Browser

Gaming 25 Okt 2022

Jika kalian mulai mengenal internet pada tahun 2000-an, maka salah satu hiburan yang bisa dinikmati salah itu adalah memainkan game berbasis browser yang saat itu sedang menjamurnya. Miniclip adalah salah satu yang terbesar, menyediakan berbagai game yang bisa diakses hanya dengan bermodal internet.

Namun sekarang waktu telah berlalu dengan cepat, begitu juga dengan game browser yang sudah ditinggalkan karena game berbasis platfrom mobile yang lebih digandrungi. Miniclip tentu menjadi 'korban' dari perubahan ini sampai harus menutup server game browser.

Situs Game Browser Resmi Ditutup

Dilansir dari pernyataan resminya yang sebenarnya sudah dirilis dua bulan silam. Miniclip sudah merencanakan untuk menutup layanannya sejak bulan Maret silam, namun faktanya berita mengenai penutupan server ini baru mengemuka belakangan ini.

Meskipun sudah ditutup, Miniclip setidaknya masih mempertahankan 8 Ball Pool dan Agar.io yang masih bisa dimainkan. Keputusan penutupan server dimaksud untuk melakukan migrasi ke platform mobile yang kini jauh lebih populer.

Ada dua faktor yang menjadi penyebab ditutupnya Miniclip. Pertama adalah tutupnya layanan Adobe Flash di tahun 2020 lalu, yang merupakan penopang utama dari game browser. Digantikan oleh HTML5 yang jauh lebih aman.

Kedua, yaitu kepopuleran dari platform mobile yang semakin meroket karena sudah pasti dimiliki oleh semua orang dan aksesnya pun lebih mudah daripada harus membuka browser terlebih dahulu.

Seperti yang ditulis sebelumnya, Miniclip telah memfokuskan diri ke ranah mobile game dan beberapa game-nya pun sudah dirilis melalui Google Play dan App Store secara gratis, seperti Mini Football, Volleyball Arena, Rail Rush, Golf Battle dan masih banyak lagi.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)