Optimus, Inilah Nama Prototipe Robot Humanoid dari Tesla

Teknologi 3 Okt 2022

Beberapa orang atau bahkan penggemar fanatik berani mengatakan bahwa Tesla sudah bukan lagi sekedar pabrikan mobil yang memulai trending mobil listrik sejak 2008, namun lebih menuju perusahaan teknologi seperti teknologi Tesla Solar Roof, atau Tesla Supercharger yang menjadi benefit tersendiri yang tidak bakal ada di mobil merek lain.

Kali ini, Tesla memperkenal robot humanoid pertamanya.

Dinamai 'Optimus'

Tesla memperkenalkan Robot Humanoid pertama mereka melalui acara Tesla AI Day 2022 kemarin dalam bentuk prototipe, dibawakan oleh CEO Tesla Motors - Elon Musk

Artinya sudah setahun sejak diumumkan pertama kali oleh Musk pada gelaran Tesla AI Day tahun lalu. Kali ini, prototipe robot sungguhan yang bisa berjalan tanpa bantuan ditampilan. Robot itu tampil 'telanjang' dengan semua kabel dan mekanismenya terlihat tanpa casing eksteriornya.

"Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menyempurnakan Optimus dan membuktikannya," kata Musk pada acara AI Day yang diadakan di kantor Tesla di Palo Alto, California, Amerika Serikat, Jumat (30/9/2022).

Bicara soal perangkat keras, Optimus ini mendapatkan 'otak' tersendiri dari Tesla yang dilengkapi Wi-Fi dan LTE meskipun tidak dijelaskan spesifikasi detailnya. Robot ini juga mendapatkan baterat 2.3 kWh untuk menjalankan otak terebut beserta 28 titik aktuator yang melengkapi robot tersebut, serta bisa menggerakkan tangan secara bebas sebanyak 11 derajat.

Ini bukan robot humanoid pertama yang dibuat oleh pembuat mobil, dengan ASIMO Honda yang paling terkenal dan legendaris. ASIMO juga memiliki 20 tahun pengembangan di balik kemampuannya yang luar biasa mengesankan, meskipun mereka adalah prestasi otomatisasi yang sangat diatur. Namun, Tesla adalah perusahaan yang menjanjikan inovasi berpikiran maju sambil mengalami kesulitan dalam memberikannya pada jadwal ambisius yang ditetapkan Musk.

Musk tidak mengungkap kapan Tesla akan memproduksi robot Optimus secara massal. Tapi CEO Tesla tersbebut sudah memasang target menjual jutaan robot Optimus dengan harga mulai dari US$ 20.000 (Rp 306 jutaan).

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)