[Review] Pimp My Ride 2022, Hadir Kembali dengan Format Klasik dan Wajah Baru

Review 4 Okt 2022
"You've Officially Been Pimped" is back!!!

Bagi para petrolhead tahun 2000-an yang selalu menghabiskan waktu dengan menonton televisi, acara Pimp My Ride mungkin merupakan salah satu acara televisi yang sering ditonton demi memuaskan rasa dahaga otomotif, terutama dari dunia modifikasi.

Ya, acara TV yang berasal dari kanal MTV ini sempat diadaptasi ke berbagai negara, termasuk di Indonesia melalui salah satu stasiun TV swasta pada pertengahan 2000-an menghadirkan mobil tidak layak jalan yang dipilih dari pemirsa yang beruntung untuk dimodifikasi.

Salah satu contohnya disini adalah episode favorit saya dibawah ini.

Saya yang sudah mencintai otomotif sejak kecil pun ikut kepincut dengan acara TV ini. Saya tentu tidak melupakan sang rapper - Xzibit sang MC dengan catchphrase ikonik seperti "Yo, dawg!" atau "You've officially been pimped!" yang sampai sekarang masih terngiang di kepala, serta rumah modifikasi West Coast Customs yang ikonik sampai sekarang, walaupun digantikan oleh Galpin Auto Sports pada musim keenam.

Walaupun sudah lama sejak penayangan terkahirnya di 2007 dan terlepas dari kontroversi yang mendera, Pimp My Ride sudah membekas di kenangan masa kecil saya karena konsep acaranya yang sangat menarik, baik bagi pecinta otomotif maupun penonton kasual.

Sudah 15 tahun sejak acara orisinalnya terakhir kali tayang, acara Pimp My Ride hadir kembali dengan format digital, namun tentu dengan host dan rumah modifikator baru, serta kali ini berkolaborasi dengan situs e-commerce eBay.

Ketika saya menulis artikel Pimp My Ride versi 2022 dua bulan yang lalu, saya ingin sekali untuk mereview acara ini sebagai penikmat seri orisinalnya dan saya bisa saja melakukan review dari episode satu saja, namun saya memiliki untuk menonton lebih banyak episodenya sebelum menulis artikel review ini.

Without further ado, I'll say "Yo dawg! I've heard you like Pimp My Ride, so let's review Pimp My Ride again in 2022"

Kolaborasi dengan eBay, Bawa Konsep Klasik dengan Muka Baru

Pada versi 2022 ini, Pimp My Ride merupakan acara kolaborasi antara MTV dengan eBay sebagai sponsor utama, bersama MediaCom UK dan Paramount UK. Jadi pada dasarnya Pimp My Ride 2022 ini adalah acara yang didanai oleh e-commerce dan advertiser.

Berbeda dengan acara orisinalnya yang ditayangkan melalui TV, Pimp My Ride ditayangkan melalui kanal YouTube MTV UK yang bisa ditonton secara gratis. Menurut saya, dengan melihat dari strategi ini, target demografisnya jelas - untuk menarik pemirsa baru dan memperkenalkan kembali serial ini kepada mereka yang mungkin merindukan serial acara TV orisinalnya.

Salah satu aspek yang saya suka dari Pimp My Ride adalah konsep acara itu sendiri - memodifikasi mobil 'buntut' peserta yang beruntung untuk menjadi lebih menarik dan sesuai dengan selera peserta. Tentu saya tidak mengharapkan Xzibit kembali hadir sebagai pembawa acara, apalagi ini di Inggris.

Kali ini acara dibawakan rapper Inggris - Lady Leshurr. Memang dia bukanlah MC pertama Pimp My Ride versi UK karena sudah ada DJ Tim Westwood dari 2005. Sejauh ini menurut saya dia cukup cocok dengan perannya sebagai MC karena kepribadian ceria yang dimilikinya.

Sedangkan proses modifikasinya sendiri dilakukan oleh Wrench Studio berbasis di Surrey, Inggris, dikomandoi oleh dua bersaudara Ray Iqbal dan Hamid Iqbal. Keduanya sendiri merupakan penggemar setia serial orisinal dan mereka ingin untuk melanjutkan warisan dari Pimp My Ride.

Oh iya, wajahnya mungkin sudah berbeda namun saya senang ternyata MTV UK tetap membawa lagu tema dari versi orisinalnya, i like that.

Pimped in Every Proper Way

Setelah menonton semua serinya, saya cukup terkesima dengan proses modifikasi yang dilakukan oleh Wrench Studios.

Kalian mungkin tahu bahwa kontroversi yang sempat didera pada acara orisinal adalah proses modifikasinya yang hanya berfokus pada estetika mobil saja, sedangkan beberapa bagian seperti mesin dan kaki-kaki sering diabaikan. Hasilnya adalah modifikasi mobil yang malah performanya lebih buruk dibandingkan sebelumnya.

Apa yang saya suka dari versi 2022 ini adalah bagaimana approach dari Wrench Studio dalam mengeksekusi modifikasi yang dijalankan. Mereka bahkan rela menterondoli mobil terlebih dahulu untuk memperbaiki karat pada bodi maupun sasis sebelum melakukan modifikasi, bahkan adakalnya sampai turun mesin jika diperlukan.

Lalu bagaimana dengan suku cadangnya? Disinilah sponsor utama - eBay berbicara dengan program Certified Recycled Hub yang menyediakan berbagai jenis suku cadang refurbished dari OEM langsung. Mengingat eBay sendiri merupakan platform terbesar untuk suku cadang dan aksesoris otomotif di Inggris, sebenarnya gerakan eBay sebagai sponsor utama sendiri sudah cukup jelas, yah.

Mungkin salah satu yang saya kurang suka dari Pimp My Ride 2022 ini adalah durasinya yang menurut saya terlalu sungkat - hanya 15 menit sehingga tidak banyak detail-detail yang bisa diperlihatkan, bahkan progress-nya pun terasa 'terlalu dikebut mengejar deadline' demi agar bisa muat dalam timeframe 15 menitan tersebut.

Kekurangan lainnya adalah pembawaan dari Lady Leshurr sendiri. Memang saya sudah amazed bagaimana cerianya sang rapper ini membawakan acara maupun nge-jokes pemirsa dengan cara yang kadang hanya bisa dimengerti oleh pemirsa Inggris. Namun, mungkin saya sudah terlalu amazed dengan Xzibit yang memang sudah terlalu ikonik untuk sebuah Pimp My Ride sehingga ketika saya menonton Lady Leshurr, sebenarnya tidak ada yang salah namun saya terbesit "kok bukan Xzibit lagi ya?"

Kesimpulan

Kalau memang saya harus memberikan kesimpulan terhadap acara ini, maka itu hanya satu - "Pimped!".

Sejauh ini saya suka bagaimana MTV UK tetap membawa konsep orisinal dari Pimp My Ride maupun eksekusi yang dilakukan oleh Wrench Studios terhadap mobil peserta. Bahkan ada beberapa vibe yang terbawa dari seri orisinal yang terasa dalam versi 2022 ini.

Seperti yang saya bilang tadi, dengan konsep dan eksekusi sebagus ini, saya rasa 15 menit itu terlalu singkar untuk dinikmati oleh pemirsa, dan memang untuk musim ini hanya ada enam episode yang dibawakan. Makanya saya rela menahan diri untuk review demi menyelesaikan semua episode dari Pimp My Ride, karena saya tidak bisa judge hanya dari episode pertama saja, but it's all worth the effort.

Pimp My Ride sendiri bisa kalian nonton di kanal MTV UK secara gratis

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)