Dua Tahun Dipasarkan, PlayStation 5 Telah Terjual 25 Juta Unit di Seluruh Dunia

Gaming 4 Nov 2022

Sudah dua tahun sejak konsol gaming next-gen dari Sony, PlayStation 5 dirilis ke pasaran, atau lebih tepatnya pada 12 November 2020. Layaknya generasi sebelumnya, PlayStation 5 telah memberikan 'warna baru' dari persaingan konsol gaming dan menarik perhatian baik dari para gamer maupun developer.

Walaupun perilisannya sempat terhambat dari pandemi COVID-19 serta kelangkaan semikonduktor, PlayStation 5 telah terjual lebih dari 25 juta unit di seluruh dunia.

Sony baru saja merilis laporan finansial kuartal ke-2 tahun 2022, dengan figur PlayStation 5 yang telah terjual sebanyak 3,3 juta unit pada 3 bulan terakhir di seluruh dunia terhitung pada 30 Septtember 2022. Total PlayStation 5 telah terjual sebanyak 25 juta unit di seluruh dunia.

Laporan finansial Sony juga melampirkan data statistik lainnya, seperti layanan subscribe PlayStation Plus yang menurun dari 47,2 juta pelanggan menjadi 45,4 juta pelanggan dibandingkan laporan finansial sebelumnya. Selain itu sebanyak 62,5 juta kopi game terjual selama 4 bulan terakhir dengan gabungan bersama PlayStation 4, penurunan sebanyak 13,9 juta dari 76,4 juta terjual pada laporan finansial sebelumnya.

Kembali ke PlayStation 5, meskipun tergolong sukses, Sony masih terus berjuang mengatasi masalah kelangkaan stok PlayStation 5 yang masih mendera selama dua tahun. Demi mengatasi masalah tersebut, Sony telah mempersiapkan batch produksi sebanyak 30 juta unit hingga Maret 2023.

Mengingat kelangkaan yang masih mendera ini, kalian yang ingin meminang PlayStation 5 dihadapkan pada dua pilihan: terus mencari stok yang masih tersedia atau menunggu sedikit lebih lama dengan harapan stok yang lebih banyak di masa depan.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)