[MBPI] Porsche 911 Dakar, Sports Car Diajak Off-Road? Kenapa Tidak?

Otomotif 17 Nov 2022

Porsche 911 tidak hanya dikenal sebagai 'maskotnya' dari pabrikan asal Stuttgart ini, namun juga jangkauan variannya yang luas. Sebutkan saja Carrera, Targa, Turbo, GT3, Sport Classic, dan masih banyak lagi jika ditelaah dari semua generasi 911. Namun, bagaimana jika 911 ingin dibawa kotor-kotoran ke medan off-road?

Nah, itulah yang terpikirkan oleh Porsche dengan merilis 911 Dakar, sebuah 911 yang didesain untuk diajak Off-Road.

Terinspirasi dari 959 Paris Dakar

Nama 'Dakar' sendiri tentu dipilih Porsche bukan meniru dari sebuah varian SUV ladder-frame yang populer di sini, namun terinspirasi dari ajang reli Paris Dakar dimana Porsche sempat memenangkan kejuaraan tersebut dengan Porsche 959 pada 1980-an.

Inspirasi itulah yang dibawakan Porsche pada 911 Dakar. Berbasis 911 Carrera 4 GTS, Porsche memberikan 911 Dakar 50mm ground clearance dari Carrera 4 GTS yang bahkan bisa dinaikkan lagi hingga 30mm dengan lift system. Ubahan lainnya meliputi skid plate dan pelindung intake berbahan stainless steel balik di bumper depan dan belakang yang didesain ulang, serta ban 'pacul' Pirelli Scorpion yang tread 9 milimeter dan dinding ban yang diperkuat, khusus untuk 911 Dakar.

Ubahan lainnya adalah kap mesin dan spoiler serat karbon dari 911 GT3. Serta yang paling utama adalah roof rack yang terintegrasi dengan lampu kabut dan soket 12V. Roof rack sendiri mampu menahan bobot sebesar 42kg, dan sudah termasuk perlengkapan seperti jerigen air dan bensin, sekop lipat, dan papan traksi. Tentu tidak lupa dengan opsi roof tent yang bisa dipasangkan pada rak.

Berbagi Spek dengan 911 Carrera 4 GTS

Sesuai yang ditulis di awal artikel, karena berbasis dari 911 Carrera 4 GTS, maka 911 Dakar pun dipersenjatai three-litre twin-turbo flat-six bertenaga 47 5hp dan torsi 570 Nm yang disalurkan keempat roda dengan transmisi kopling ganda PDK.

Ubahan yang diberikan Porsche sendiri meliputi rear-axle steering, PDCC anti-roll bar, dan engine mounting dari 911 GT3. Porsche juga menyetel ulang performa dengan dua mode berkendara yang khusus untuk 911 Dakar - Rallye dan Offroad

Bedanya, karena ban pacul yang digunakan, 911 Dakar dibatasi sampai 240 km/h saja. Akselerasi 0-100km/jam pun menjadi 3.4 detik, atau 0.2 detik lebih lambat dari Carrera 4 GTS, itupun dengan bobot 10kg lebih berat dari Carrera 4 GTS.

Rally Design Package

Jika 911 Dakar dirasa masih terlalu 'normal' untuk sebuah 911 off-road, Porsche juga menyediakan Rally Design Package.

Apa saja yang didapatkan? Paling jelas adalah livery yang terinspirasi dari 959 Rally Dakar dengan laburan kombinasi warna biru, merah, dan emas. Oh iya, karena iklan rokok (dalam hal ini adalah Rothmans), maka ukiran 'Roughroads' yang dipilih, namun setidaknya pembeli bisa kostumisasi nomor livery sesukanya. Ubahan lainnya? Seperti roll cage dan bucket seat yang diambil dari 911 GT3.

Porsche hanya berencana untuk memproduksi 911 Dakar sebanyak 2.500 unit, dengan banderol sekitar €222,000 (3,6 Milyar Rupiah) dengan pemesanan sudah bisa dilakukan sekarang. Pengirimannya sendiri baru akan dimulai musim semi tahun depan.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)