[MBPI] Toyota Kenalkan All-New Prius, Hadir Dengan Desain yang Sporti

Otomotif 16 Nov 2022

Sebagai mobil hybrid produksi massal pertama di dunia, Toyota Prius terus mengalami evolusi sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 1997. Dan di tanggal 16 November hari ini, Toyota resmi menghadirkan generasi terbaru dari Prius yang berevolusi dibawah konsep "Hybrid Reborn."

Prius generasi kelima hadir dengan siluet desain liftback yang khas dan tetap menjadi signature dari Prius sejak generasi keduanya di tahun 2003 silam. Namun di generasi kelima ini, Prius hadir dengan pembawaan yang sporty di depan dan simpel nan futuristis di belakang berkat penerapan bahasa desain hammerhead yang mirip dengan apa yang bisa kalian temukan di lini mobil listrik Beyond Zero Toyota.

Bahkan referensi desain ala-ala Beyond Zero (terutama bZ4X) juga bisa terlihat di kokpit Prius baru ini. Desain panel instrumen dan setirnya mirip banget dengan bZ4X, yang kemudian dipadukan dengan layar infotainment besar sehingga menimbulkan kesan yang modern.

Disamping itu, Prius generasi kelima hadir dengan platform TNGA generasi kedua untuk mencapai gaya dan pengalaman berkendara yang menggembirakan dari Prius baru, memungkinkan pusat gravitasi yang lebih rendah dan ban berdiameter besar. Thanks buat body yang lebih rigid dan setup suspensi MacPherson struts di depan dan double wishbone dibelakang yang membuatnya semakin fun to drive.

Toyota Safety Sense dan Toyota Teammate (sistem parkir otomatis dari Toyota) menjadi fitur keselamatan yang standar di Prius generasi kelima ini. Dan beberapa fitur lain pun juga diikutsertakan seperti solar charging system di model PHEV, panoramic moonroof di model HEV, serta berbagai fitur lain yang akan memanjakan pengguna Prius baru ini.

Ada dua opsi mesin dengan dua opsi sistem Hybrid yang tersedia di Prius generasi kelima. Mesin 1800cc hadir dengan sistem hybrid series-parallel yang belum diketahui besaran tenaganya; dan mesin 2000cc dengan opsi sistem hybrid series-parallel yang mampu menghasilkan tenaga 193 PS serta opsi sistem Plug-in Hybrid yang menghasilkan tenaga 223 PS.

Jadi, ada yang tertarik dengan Prius baru ini? Well ia baru dipasarkan di Jepang mulai awal 2023 mendatang.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja